Published On: Jum, Mar 4th, 2016

Rp. 200 Juta Untuk Perbaikan Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir

TUBAN

CHOLIQ QUNNASIH: Untuk JLS kita terus berupaya agar anggaran pembebasan lahannya tahun ini  bisa terserap semua.

Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Choliq Qunnasich

seputartuban.com – Akibat banjir disejumlah wilayah di Kabupaten Tuban beberapa waktu terakhir menyebabkan infrastruktur rusak. Jembatan, tanggul, hingga jalan. Dinas Pekerjaan Umum (PU) memastikan akan melakukan perbaikan di 6 lokasi berbeda.

Kepala Dinas PU Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich mengatakan 6 lokasi infrasturktu yang rusak akan segera diperbaiki. Hal ini dapat dilakukan karena rusak akibat bencana sehingg dapat dilaksanakan segera. Pertimbangan lain agar tidak mengganggu aktifitas masyarakat dan menimbulkan kerugian lebih banyak.

6 lokasi itu adalah tembok penahan tanah (TPT) yang mengalami longsor, jembatan putus di Kecamatan Senori, jembatan putus di Desa Tingkis Kecamatan Singgahan, tanggul sungai jebol di Kecamatan Palang jebol, tanggul sungai avour kuwu jebol di Kecamatan Plumpang dan perbaikan kerusakan jalan di Kecamatan Grabakan. “Untuk penangganan kerusakan di 6 titik tersebut dianggarkan sebesar Rp. 200 juta melalui dana tak terduga,” jelas Choliq, Kamis (3/3/2016).

Menurutnya, perbaikan tersebut bersifat sementara dan tidak boleh dilakukan perbaikan secara permanen. Sebab bila dilakukan perbaikan secara permanen harus dianggarkan terlebih dahulu melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) atau perubahan APBD. “Untuk perbaikan secara permanen akan kita anggarkan dalam PAK 2016 atupun APBD 2017,” sambungnya.

Hingga saat ini Dinas PU masih menunggu laporan dari Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) kecamatan untuk mengetahui jumlah pasti kerugian infrastruktur akibat banjir. “Kerugian infrastruktur yang rusak akibat banjir masih kita hitung,” jelasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author