Published On: Sel, Mei 3rd, 2016

Rp. 1,5 Miliar Untuk Program Desa Model Penuntasan Kemiskinan

TUBAN

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan memberikan perhatian lebih mengenai penuntasan kemiskinan. Hal itu sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016/2021.

Kabid Pemerintahan Desa (pemdes). Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo

Kabid Pemerintahan Desa (pemdes). Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo

Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Bapemas, Pemdes dan KB) Pemkab Tuban, pada tahun 2016, memilih dua desa di Kecamatan Montong dan Kecamatan Senori masuk dalam Program Desa Model Penuntasan Kemiskinan.

Kabid Pemerintahan Desa, Bapemas, Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo, menjelaskan dua desa tersebut yakni, Desa Manjung, Kecamatan Montong dan Desa Katerban, Kecamatan Senori. Keduanya telah memenuhi persyaratan dan kualifikasi sebagai Desa Model Penuntasan Kemiskinan. Penetapan atau pemilihannya dilakukan oleh Bappeda dan instansinya.

Dia menjelaskan tujuan dari program tersebut yakni sebagai wujud menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Tuban. “Dua desa tersebut dianggap sebagai desa miskin, yang perlu kita tangani, hal ini sebagai cara pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan,” katanya, Senin (2/5/2016).

Hingga saat ini sudah ada 12 desa yang telah masuk program tersebut dalam kurun waktu 5 tahun. Nantinya akan ada total 20 desa, Yang menjadi Desa Model tersebut diharapkan menjadi contoh untuk desa lain di kecamatannya masing masing.

Program tersebut nantinya dapat memacu kemandirian desa, serta menjadi bahan evaluasi bagi Pemdes yang selanjutnya menjadi rujukan penuntasan kemiskinan.

Sedangkan, anggaran dana untuk Desa Model ini yang disiapkan oleh Pemkab Tuban sebesar Rp 1,5 miliar. Dana ini untuk membantu masyarat desa, seperti untuk berwirausaha, baik perternakan maupun pertanian.

“Selain pengentasan kemiskinan di Desa Model ini pendidikan juga menjadi perhatian. Karena faktor utama kemiskinan adalah kebodohan atau rendahnya pendidikan masyarakat,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos