Published On: Jum, Mei 13th, 2016

Rp. 1,5 Miliar Untuk Keindahan dan Kualitas Udara Kota

TUBAN

seputartuban.com – Dengan terus meningkatnya polusi udara serta semakin padatnya pembangunan di kota, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tuban terus meningkatkan kinerjanya. Salah satunya dengan melakukan perawatan dan penataan lingkungan dan taman kota. Selain itu untuk tetap menjaga keindahan kawasan perkotaan.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan DPU Tuban, Edi Kartono

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan DPU Tuban, Edi Kartono

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan DPU Tuban, Edi Kartono, mengatakan dinasnya rutin melakukan perawatan, penataan dan desain ulang taman kota. “Penataan dan perawatan taman kota ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kota yang nyaman, aman dan lebih indah. Termasuk menata sirkulasi udara di kota,” katanya, Rabu (11/5/2016).

Edi melanjutkan, pihaknya juga rutin melakukan perawatan hutan kota, perawatan dan penambahan lampu lampu hias, tanaman dan pohon lindung disepanjang jalan raya Tuban kota. “Tahun ini kami juga akan membuat taman dibantaran sungai Tri Dharma,” jelas Edi.

Penataan pohon lindung sangat diperhatikan DPU kabupaten Tuban. Diantaranya, rutin melakukan pemangkasan pohon lindung untuk pohon yang rawan tumbang. Melakukan peremajaan pohon lindung, serta mengisi plant zone yang kosong. Pihaknya juga akan merespon laporan masyarakat jika ada pohon lindung yang layak ditebang jika membahayakan.

KERJA KERAS : Staf Dinas PU sedang bekerja memotong ranting pohon di kawasan jalan Basuki Rahmat Tuban

KERJA KERAS : Staf Dinas PU sedang bekerja memotong ranting pohon di kawasan jalan Basuki Rahmat Tuban

Tidak hanya di dalam kota, tahun ini, DPU juga menambah pohon lindung di sepanjang Jalan Raya Kecamatan Montong dan Jalan Raya Kecamatan Merakurak. Dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 250 Juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Dalam melakukan perawatan taman kota, DPU memperkerjakan 205 petugas yang bertugas untuk melakukan penyiraman rutin tanaman, perapian dan kebersihan taman kota dan hutan kota. Dilengkapi dengan 4 truk tangki dan 7 motor roda tiga untuk penyiraman rutin taman kota.

Selain itu juga ada tim khusus penebangan pohon lindung dengan 7 petugas yang dilengkapi 1 truk pengangkut dan 1 skylift (mobil pangkas pohon). DPU juga memiliki 1 mobil bak terbuka untuk mobilisasi petugas pertamanan.

Edi menambahkan, dalam rangka melakukan perawatan dan penataan lingkungan dan taman kota dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengucurkan anggaran sebesar Rp. 1,5 miliar untuk tahun anggaran 2016. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author

Videos