Published On: Kam, Mei 26th, 2016

Rotasi Komisi, PDI Perjuangan Jadi “Anak Tiri”

TUBAN

seputartuban.com – Rotasi anggota/pimpinan Komisi DPRD Tuban yang diusulkan PDI Perjuangan masih menemui jalan buntu. Berbeda dilakukan Partai NasDem, meski anggotanya baru dilantik 1 hari, kemudian diusulkan tukar komisi mendapat tanggapan positif dari pimpinan dewan dan langsung disetujui.

PDI Perjungan LogoPerbedaan sikap Pimpinan DPRD Tuban itu, membuat DPC PDI Perjuangan merasa kecewa. Karena usulan DPC belum ditindaklanjuti berbeda jauh dengan usulan NasDem yang langsung ditanggapi.

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDIP Tuban, Kusmen mengatakan bahwa sikap partai sudah jelas, berdasarkan hasil keputusan rapat DPC tetap memerintahkan kepada fraksi untuk mengusulkan perubahan alat kelengkapan dewan. Hal itu merupakan hak prerogratif partai dan diperbolehkan secara aturan. “Fraksi sudah menindaklanjuti, namun belum ada jawaban dari pimpinan DPRD,” kata Kusmen, Rabu (25/5/2016).

Alasanya belum dilaksanakannya rotasi tersebut harus menunggu masa jabatan hingga 2,5 tahun. Namun DPC PDI Perjuangan berbeda pandangan dalam penafsiran aturan. Dalam aturan itu merupakan batas maksimal, sehingga bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai dengan usulan fraksi. “Kita sangat kecewa, namun biar masyarakat Tuban yang menilai sendiri apa yang sudah diputuskan oleh pimpinan dewan,” kecamnya.

Ini memunculkan kesan bahwa saat berkuasa bersikap sesukanya. Sehingga PDI Perjuangan merasa di dzolimi atau menjadi “anak tiri”. DPC sudah melaporkan kondisi yang dianggap timpang itu ke DPW dan DPP, masing menunggu sikap yang akan dilakukan partainya. “Kita sudah melakukan koordinasi dan melaporkan masalah ini kepada DPW PDIP maupun DPP PDIP,” tegas Kusmen.

Ketua DPC PDI Perjuangan Tuban, Andhi Hartanto saat disinggung kabar yang beredar apakah benar pimpinan dewan dari Partai Golkar menolak usulan perubahan komisi. Serta sikap yang akan dilakukan dirinya selaku pimpinan PDI Perjuangan Tuban, Andhi menegaskan tidak akan mencapur sikap pribadi dan partai.

“Jika memang benar, itu oknumnya bukan partainya. Jadi hubungan PDI Perjuangan dengan Golkar baik-baik saja. Saling menghormati dan menghargai sesama partai politik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi saat dihubungi melalui Ponselnya maupun dikirim pesan singkat tidak memberikan jawaban terkait hal ini. Namun dalam berita sebelumnya terkait rotasi anggota Komisi dari Kader Partai NasDem dia berkomentar dapat dilakukan karena antar anggota bukan Ketua Komisi seperti yang dilakukan oleh PDIP Perjuangan Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos