Published On: Sen, Jun 4th, 2012

Roda Depan Lepas Bus Tabrak Pagar Jembatan dan Dua Motor

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

SEMANDING

seputartuban.com – Sebuah kecelakaan kembali terjadi di Jalur Pantura, Tuban Jatim, senin (04/06/2012) sekitar pukul 15.00 WIB. Kecelakaan terjadi akibat ban sebuah bus lepas, hingga mengakibatkan bus oleng dan menabrak pagar jembatan. Dua korban luka langsung dievakuasi ke rumah sakit, sementara akibat kecelakaan ini jalur Pantura Tuban – Surabaya maupun sebaliknya macet total.

Kecelakaan ini berawal saat Bus Sari Agung jurusan Tuban – Jombang dari arah Tuban melaju kencang melewati turunan di Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Tepatnya di kilometer 10 jalur Pantura Tuban – Surabaya. Disaat sampai jembatan kepet, Kawi (47) warga Desa Karangmojo, Kecamatan Plandaan, Jombang, sopir bus Sari Agung, bermaksud menghindari lobang di jembatan Dusun Kepet tersebut, namun tiba tiba roda depan sebelah kanan bus terlepas hingga Kawi tak dapat mengendalikan laju bus yang dikemudikannya.

Bus akhirnya oleng ke kanan hingga menabrak dua pengendara motor dari arah berlawanan dan akhirnya bus terhenti setelah menabrak pagar jembatan.

Pengendara motor Honda Supra X bernopol S 6551HH Maret Subekti (42) warga Desa Bunut, Kecamatan Widang, Tuban selamat, sementara pengendara motor Suzuki Sky Drive bernopol S 4213 EA Suwondo (45) warga Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Tuban, menderita luka patah tulang di bagian lengan kanan dan Suwarni (43) istrinya menderita patah tulang di kaki kiri.

Korban Suwondo dan Suwarni langsung di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Koesma Tuban, untuk mendapatkan pertolongan, sementara Kawi, pengemudi bus Sari Agung yang menderita luka di kaki kanan, di evakuasi menggunakan kendaraan Unit Laka, Satlantas Polres Tuban.

Kawi, pengemudi bus Sari Agung mengatakan, bahwa dirinya tidak mengetahui dari mana arah datangnya dua motor yang ditabraknya, kawi hanya tahu bahwa bus yang dikemudikannya tiba-tiba oleng kekanan dan menabrak pagar jembatan setelah roda depannya lepas.

“saya tidak tahu dari mana motor yang tertabrak bus, saya tahunya bus tiba tiba oleng ke kanan dan menabrak jembatan,” ujarnya di lokasi kejadian.

Sementara itu petugas dari Satuan Lalu-lintas Polres Tuban yang tiba di lokasi kejadian, langsung  menyelidiki peristiwa kecelakaan ini, dan menggali keterangan kepada sejumlah saksi mata dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi.

Kasat Lantas  Polres Tuban, AKP Sugeng Setia Trisna mengatakan, bahwa dari keterangan saksi mata, bus Sari Agung yang di kemudikan Kawi oleng setelah roda depan bagian kanan lepas, setelah terperosok ke dalam lobang di jembatan tersebut.

“menurut saksi mata ban depan kanan bus terlepas dan bus langsung menabrak dua motor dan jembatan,” katanya.

Akibat kecelakaan ini terutama saat proses evakusai bus yang begitu lama, membuat arus lalu lintas di Jalur Pantura Tuban – Surabaya maupun sebaliknya macet hingga sekitar 3 kilo meter.

Foto : Kondisi kecelakaan

Facebook Comments

About the Author