Published On: Jum, Des 9th, 2016

Ricuh Pilkades Bangunrejo, Suasana Mencekam Hingga Malam

SOKO

seputartuban.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bangunrejo, Kecamatan Soko diwarnai kericuhan. Bahkan panitia pemilihan harus diselamatkan dari amuk massa. Serta penghitungan hasil pemilihan sempat di pindahkan di Pendopo Kecamatan Soko sebelum dihentikan karena hingga malam hari.

DIEVAKUASI PETUGAS : Susana penghitungan suara hasil Pilkades memanas

Proses penghitungan hasil suara Pilkades Bangunrejo diwarnai kericuhan, Kamis (8/12/2016). Massa salah satu pendukung calon menduga adanya kecurangan dalam penghitungan suara, sehingga mereka merangsek ke lokasi penghitungan suara. Warga yang makin beringas membuat suasana ricuh dan nyaris tidak terkendali.

Aparat kepolisian yang siaga diterjunkan kelokasi sebanyak 2 peleton untuk mengamankan situasi. Salah satu caranya adalah melakukan pemindahan penghitungan hasil pemilihan ke pendopo Kecamatan Soko pukul 17.00 WIB. Selain itu juga mengamankan panitia pemilihan dari amuk massa. “Jumlah petugas yang dilibatkan seluruhnya 60 personil,” terang Kapolsek Soko, AKP Yudi Hermawan, Kamis (8/12/2016) malam.

Menurut Kapolsek Soko, pemindahan penghitungan suara itu setelah panitia selesai melakukan penghitungan suara yang dimenangkan Calon Kepala Desa (Cakades) nomor urut 3 atas nama Warsidin. Massa pendukung calon lain yang kalah dengan terpaut 2 suara naik pitam. Warsidin memperoleh 1,274 suara, mengalahkan rivalnya Hermanto yang memperoleh 1,272 suara atau hanya terpaut 2 suara. Sedangkan Cakades lainya yakni Redi Marjono hanya memperoleh 26 suara.

Massa yang mengetahui hasil penghitungan suara meski belum diumumkan bereaksi. Dengan merangsek ke panitia dengan susana sangat memanas, nyaris terjadi kericuhan besar. Sebagai reaksi cepat, aparat keamanan kemudian mengamankan seluruh panitia Pilkades untuk dibawa menuju kantor Kecamatan Setempat. “Seluruh panitia dinaikkan ke mobil polisi untuk dibawa ke kantor kecamatan karena di Balai Desa ricuh mas,” kata Kasuri (34), warga setempat .

Dengan pengamanan ketat aparat kepolisian, penghitungan suara dilakukan di Pendopo Kecamatan Soko. Namun karena hingga pukul 21.00 WIB belum selesai, proses penghitungan suara dihentikan. Hingga malam hari, panitia dan kotak suara mendapat pengamanan ketat aparat keamanan di salah satu ruangan Kantor Kecamatan.

Di Kecamatan Soko, Pilkades juga dilakukan di Desa Gunung Anyar. Calon Kades Mat Ridwan memenangkan pemilihan dengan memperoleh 834 suara. Mengalahkan rivalnya Mohamad Mujid yang mendapatkan 624 suara dab Asmuri 622 suara.

Sedangkan di Desa Sandingrowo Pilkades dimenangkan Muhir Hadi memperoleh 1.620 suara, Siti Masamah 124 suara, Baehaqin 766 suara dan Suklin Dwi Astuti 83 suara. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author