Published On: Kam, Des 31st, 2015

Ribuan Hektar Tambang Ilegal Tuban Tumbuh Subur

TUBAN

Dibiarkan : Aktivitas tambang di kawasan batu kapur Kecamatan Palang

Dibiarkan : Aktivitas tambang di kawasan batu kapur Kecamatan Palang

seputartuban.com – Kabupaten Tuban selain kaya potensi bahan tambang, nampaknya juga kaya aktivitas tambang ilegal. Di Jawa Timur sekitar 1.607 titik tambang, sedang 95 persennya atau 1.525 titiknya ada di kabupaten Tuban. Namun sayangnya hampir 136,94 hektare pertambangan tanpa izin atau ilegal.

Kabag Humas dan Media Setda Kab. Tuban, Teguh Setyobudi, Rabu (30/12/2015), mengatakan di Tuban terdapat 1.527 titik tambang. Meliputi Minyak dan Gas Bumi, Batu Gamping, Dolomit, Tanah Liat, Pasir Kuarsa, dan Kalsit.

Dengan potensi cadangan bahan tambang cukup banyak. Yakni 71.689.531 ton, yang tersebar di Kecamatan Palang, Kecamatan Widang, Kecamatan Semanding, Kecamatan Rengel, Kecamatan Soko, Kecamatan Montong dan Kecamatan Kerek. Sedang Dolomit, jumlah cadangan mencapai 3.723.382.012 ton. Dengan wilayah yang potensi di Kecamatan Palang,  Kecamatan Widang, Kecamatan Semanding, Rengel, Kecamatan Soko, Kecamatan Montong dan Kecamatan Kerek.

Tanah liat atau Clay yang biasa dikenal dengan lempung, Jumlah cadangannya ada 545.733.699 ton. Tersebar di Kecamatan Merakurak, Kecamatan Kerek, Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Kecamatan Bancar, Kecamatan Montong, Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Parengan, Kecamatan Semanding dan Kecamatan Rengel.

Pasir kuarsa dengan jumlah cadangan diperkirakan 499.067.420 ton, dan wilayah yang memiliki deposit pasir kuarsa adalah Kecamatan Bancar, Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Kenduruan, Kecamatan Singgahan, Kecamatan Montong, Kecamatan Jenu, Kecamatan Parengan, Kecamatan Rengel dan Kecamatan Soko.

Lalu Kalsit, dengan kawasan yang memiliki deposit Kalsit, yakni Kecamatan Palang Montong, Kecamatan Merakurak, Kecamatan Rengel dan Kecamatan Semanding. Jumlah cadangan mencapai 984.877.344 ton.

Sementara itu, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban, mencatat ada 136,94 hektare pertambangan tanpa izin atau ilegal. Lokasi pertambangan tersebar di lebih dari tujuh kecamatan dari total 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Yakni di Kecamatan Plumpang, Kecamatan Grabagan, Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Palang, Kecamatan Rengel, Kecamatan Montong, Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Semanding.

Luas tambang ilegal  masih berpotensi bertambah. Mengingat ada perbedaan data dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur. Selain itu aktivitas tambang diduga terus bertambah karena kebutuhan pasar hasil tambang masih terus naik.

Koordinator Divisi Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Timur di Tuban, Miftahul Huda, mengatakan lahan tambang ilegal di Tuban jauh lebih luas. Ia mengacu pada data Dinas ESDM Jawa Timur tahun 2014 luasnya mencapai 1.619 hektare. “Jadi patokan yang kami pakai itu,” tuturnya.

Miftah, meminta Pemerintah Kabupaten Tuban lebih akomodatif dan transparan terkait dengan penindakan terhadap tambang-tambang ilegal. “Ada banyak lahan tambang yang selama ini tidak terdata,” tegasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author