Published On: Sen, Okt 13th, 2014

Ribuan Anak TK Tuban “Cicipi” Naik Haji

TUBAN

AURA POSITIF: Ribuan anak dari berbagai RA di Kabupaten Tuban mengikuti manasik haji, Senin (13/10/2014) pagi. (foto: ARIF AHMAD AKBAR)

AURA POSITIF: Ribuan anak dari berbagai RA di Kabupaten Tuban mengikuti manasik haji, Senin (13/10/2014) pagi. (foto: ARIF AHMAD AKBAR)

seputartuban.com-Aura positif menyeruak dari wajah-wajah siswa Raudlatul Atfal (RA) dari berbagai lembaga pendidikan, ketika dengan antusias mengikuti manasik haji yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban di lapangan Kompi Senapan C Jalan Sunan Kalijaga, Senin (13/10/2014) pagi.

Itu terlihat dari kesan yang tampak dari banyak orang tua murid yang hadir menemani tak kurang dari 5.040 siwa RA atau taman kanak-kanak yang rata-rata berusia enam tahun ke bawah melakoni pengalaman menjalani rukun Islam kelima tersebut.

Ketua Ikatan Guru Rudhotul Atfal(IGRA) Tuban, Siti Nur Aini, mengatakan trial manasik haji ini dimaksudkan untuk melatih dan mengajarkan tata cara berhaji sejak dini mungkin pada pribadi siswa dan siswi.

“Agar ketika dewasa kelak saat akan berhaji tidak kebingungan karena sudah mengikuti manasik,” katanya.

Siti menjelaskan, acara ini diikuti sebanyak 5.040 anak dari seluruh RA se Kabupaten Tuban. Namun yang terlibat ddalam kegiatan manasik haji ini khusus untuk anak kelas. Alaannya, siswa yang masih duduk di kelas A masih terlalu dini.

“Selain itu sifatnya mereka kebanyakan belum bisa ditinggal jauh dari orang tua sehingga di khawatirkan akan merepotkan,” tandas Siti seraya menjelaskan acara ini digelar rutin setiap empat sampai lima tahun sekali. Waktunya dipilih bertepatan dengan pelaksanaan hajis sesungguhnya seperti tahun ini.

Kasi Penma Kemenag Tuban,  Muhlisin Mufa, mengimbuhkan agar lebih menarik ke depannya perlu di-design dengan lebih apik.

“Kita sangat mengapresiasi acara manasik haji untuk anak seperti ini. Yang pasti untuk melatih pola fikir para siswa sejak dini terkait pelaksanaan ibadah haji yang sesungguhnya,” tutur dia.  ARIF AHMAD AKBAR   

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos