Published On: Sel, Jul 11th, 2017

Reses Mas Kris, Jadi Pusat Edukasi Masyarakat

seputartuban.com,  BANGILAN –  Ratusan warga Desa Sidotentrem,  Kecamatan Bangilan,  Kabupaten Tuban,  Senin (10/7/2017),  mengikuti Reses anggota DPRD Tuban, Dapil IV, Kristiawan.  Mereka selain dapat menyampaikan usulan juga menyampaikan beragam informasi.

DEKAT RAKYAT : Dr. Kristiawan, SP. MM saat melakukan reses di Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan

Mulai dari tertib administrasi kependudukan yang bermanfaat untuk penduduk maupun daerah dan negara.  Selain itu juga memberikan pentingnya taat bayar pajak kendaraan maupun bumi dan bangunan.  Hingga menyikapi persoalan kemiskinan yang saat ini tengah hangat jadi perbincangan karena Kabupaten Tuban menempati rangking kelima se Jawa Timur.

“Tadi perlu menyalahkan siapa yang salah.  Tapi apa yang harus kita lakukan.  Karena sudah banyak program dari pemerintah yang sudah diberikan kepada masyarakat,”  katanya.

Menurut Mantan Ketua DPRD Tuban itu faktor diantaranya adalah mental masyarakat.  Selain itu optimalisasi potensi masyarakat dan desa sangat perlu dilakukan.  Baik berupa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),  wisata,  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Seperti yang sudah dilakukan dilingkunganya,  Desa Bangilan,  Kecamatan Bangilan,  Kabupaten Tuban, sudah menjalankan program bank sampah dengan ibu rumah tangga.  Selain dapat penghasilan,  juga sudah dapat memberikan santunan kematian. “Dana desa tidak hanya digunakan pembangunan fisik saja,  tapi juga untuk pemberdayaan masyarakat.  Misalkan membuat study banding sampai pelatihan pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Politisi muda yang juga Doktor ilmu lingkungan itu memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih berkembang dan mandiri.  Melalui optimalisasi potensi atau menggali potensi yang dapat dikembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakatnya.

Diketahui hadir dalam Reses itu dari Pemerintah Kecamatan,  Pemerintah Desa,  tokoh masyarakat dan tokoh muda serta masyarakat yang sebagin besar dari kalangan ibu-ibu.  Nal

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>