Published On: Kam, Mar 13th, 2014

Remaja Pencuri Lintas Provinsi Dibekuk Polisi

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Ms(18), warga Desa Bulu Jambean, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah diringkus Polisi atas dugaan tindakan pencurian yang dilakukan disejumlah Kabupaten Tuban. Dia ditangkap di sekitar rumahnya Jum’at (7/3/2014), siang.  Saat itu, Tim Opsnal 3, Satreskrim Polres Tuban sedang melakukan pengembangan kasus di kawasaan tersebut.

DITANGKAP : Seorang dari kawanan perampok ditangkap Polisi

DITANGKAP : Seorang dari kawanan perampok ditangkap Polisi

Ditengah perjalanan, petugas mendapati ciri-ciri Daftar pencarian Orang (DPO) dan sebuah sepeda motor yang telah dilaporkan hilang. Petugas memeriksa identitas serta surat sepeda motor, Ms tidak dapat menunjukkanya. Akhirnya diamankan untuk dilakukan pemeriksaan kebenaran dugaan awal ini.

Ternyata benar, Ms adalah pelaku pencurian remaja ini telah melakukan tindak pencurian di rumah Riyono (46), warga Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada Senin (28/1/2014) seitar pukul 16.00 WIB. Pencurian ini terjadi saat rumah korban kosong karena ditinggal bekerja di sawah. Terduga pelaku masuk rumah melalui pintu belakang.

Remaja ini kemudian mengambil uang tunai Rp. 1.500.000 di dalam almari. Juga menggondol sepeda motor Honda Grand Impresa Nopol S 6052 FD diruang depan lengkap dengan kunci dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) juga berada di dalam jok sepeda warna hitam itu.

Usai beraksi, langsung keluar rumah dan pulang dengan mengendarai sepeda motor hasil curianya. Nampaknya Ms sudah mempersiapkan aksinya, karena dia berangkat dari rumah dengan naik bus. Sehingga tidak perlu repot membawa hasil curianya pulang kerumah. Atas kejadian ini, korban menederita kerugian sebesar Rp. 7 juta.

Pencurian juga dilakukan di rumah DY, warga Dusun Mamer, Desa Margosuko, Kecamatan bancar, kabupaten Tuban pada Rabu (26/2/2014). Terduga pelaku berhasil menggasak sebuah sepeda motor Honda Revo Nopol S 3446 GB.

Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Wahyu Hidayat saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (12/3/2014) mengatakan bahwa terduga pelaku telah merencanakan pencurian tersebut. Modusnya, mencari rumah kosong yan hendak dicuri. Setelah mendapati sasaran rumah, terduka pelaku langsung beraksi. “Pelaku terancam pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama 5 tahun. Penangkapan dilakukan anggota saat pengembangan kasus lain, malah menangkap Mustakim ini,” ungkap Wahyu. (han)

Facebook Comments

About the Author