Published On: Sel, Apr 15th, 2014

Rekapitulasi Hasil Suara Di PPK Tidak Cukup Sehari

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mulai melakukan tahapan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Anggota Legislatif (Pileg) 2014, Minggu (13/4/2014). Banyaknya surat suara dan beragamnya nama partai serta Caleg membuat penghitungan ini membutuhkan waktu sehari lebih.

BUTUH WAKTU : Proses rekapitulasi suara di PPK Kerek

BUTUH WAKTU : Proses rekapitulasi suara di PPK Kerek

Salah satunya terjadi di PPK Kerek, ada beberapa Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa yang harus melakukan penghitungan ulang, sebab ada kesalahan dari hasil penghitungan yang dilakukan. Direncanakan proses rekapitulasi tersebut akan berjalan sampai 2 hari. Hari pertama untuk penghitungan perolehan suara DPR RI dan DPD. Sedangkan hari kedua untuk perolehan suara DPRD Propinsi dan Kabupaten.

Ketua PPK Kerek, Sentono saat dikonfirmasi mengatakan, lamanya proses rekapitulasi disebabkan banyak faktor. “Disini ada 17 desa, akan kita tawarkan bahwa rekapitulasi ini dilanjutkan besok. Bila kita lanjutkan hari ini sampai pagi pun tidak selesai dan kasihan teman-teman PPS,” jelas Sentono.

Terpisah, Divisi Pendaftaran Pemilih KPUD Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistiarini saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, hampir 20 PPK di Kabupaten Tuban mulai melakukan rekapitilasi. Jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPU proses rekapitulasi dimulai tanggal 13 sampai 17 April untuk ditingkat PPK.

“Semua PPK hari ini sudah mulai melakukan rekapitulasi, sebab untuk ditingkat desa atau PPS sudah selesai semua. Ada waktu 5 hari untuk melakukan proses rekapitulasi ditingkat Kecamatan,” kata Yayuk.

Sedangkan proses rekapitulasi ditingkat KPU akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 21 April. Disinggung terkait hasil perolehan sementara, KPU belum bisa memberikan keterangan terkait data yang sudah diperolehnya, sebab belum dilakukan proses rekapitulasi ditingkat KPU. “Sebelum kita melakukan rekapitulasi kita belum berani menyampaikan ke publik. Yang menjadi acuhan kita adalah dari hasil rekapitulasi secara manual,” jelasnya.

Diketahui, di Kabupaten Tuban terdapat  20 PPK, terdiri dari 328 PPS dan terbagi dalam 2.909 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan jumlah pemilihnya sebanyak 922.858 pemilih. (lis)

Facebook Comments

About the Author