Published On: Sen, Feb 11th, 2019

Rehap Rumah dan Mushola TMMD Kodim 0811 Didukung Baznas Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban menerima dukungan dana bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104, yang akan dilaksanakan di Desa Brangkal Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Ketua Pelaksana Baznas Kabupaten Tuban kepada Kepala Staf Kodim 0811 Tuban.

Ketua Pelaksana BAZNAS Kabupaten Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si menyerahkan langsung dana bantuan sejumlah Rp. 50 juta tersebut kepada Satgas TMMD yang diwakili Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0811 Tuban Mayor Inf Teguh PW, S.Sos pada Jum’at, (8/2/2019) di kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban.

Kasdim 0811 Tuban saat menerima bantuan secara simbolis dari Ketua Pelaksana BAZNAS Kab. Tuban yang juga Sekda Kab. Tuban

Bantuan tersebut diperuntukkan bantuan rehabilitasi rumah warga miskin bagi 4 warga Desa Brangkal dan 1 bantuan rehabilitasi musholla Al-Hikmah Kecamatan Parengan melalui Satgas TMMD. Dengan rincian rumah milik Darsono (51), warga RT 4 RW 1 dengan ukuran rumah 7 meter X 6,5 meter. Kemudian rumah milik Sakiran (58), warga RT 5 RW 2 dengan ukuran rumah 6 meter X 5 meter. Berikutnya adalah rumah milik Tasimin (58), warga RT 5 RW 2 dengan ukuran rumah 6 meter X 5 meter.

Rumah lainnya adalah milik milik Suminah (68), warga RT 4 RW 1 dengan ukuran rumah 8,2 meter X 5,2 meter serta Mushola Al Hikmah yang berada di RT 4 RW 1.

Menurut Budi Wiyana, kegiatan itu sangat perlu didukung karena sasaran bantuannya jelas untuk warga miskin dan perbaikan tempat ibadah. “Kami dari BAZNAS Kabupaten Tuban sudah mensurvey para calon penerima bantuan dan musholla yang akan direhabilitasi. Semua layak untuk dibantu,” ungkap Budi Wiyana.

Kasdim 0811 Tuban Mayor Inf Teguh Prasetyo Wasis, S.Sos, mengatakan pihaknya akan menjalankan program sesuai dengan fungsinya dan amanah.  “Dana bantuan dari Baznas tersebut akan digunakan untuk merehabilitasi 4 unit rumah warga dan peningkatan Fasilitas 1 unit Musholla, meliputi pembangunan dinding, atap dan lantai, dengan anggaran masing-masing unit sebesar 10 juta rupiah,” terangnya, Minggu (10/02/2019).

Teguh juga menjelaskan, terkait TMMD yang akan dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 27 Februari hingga 27 Maret mendatang. Pihaknya tengah mempersiapkan beberapa hal mulai dari personil, material maupun tempat pelaksanaannya. Dengan sasaran peningkatan jalan, Renovasi RTLH, Rehab Musholla dan Pembangunan MCK Umum termasuk Pembangunan Pos Kamling.

 “Sasaran kami dalam progam TMMD kali ini, peningkatan jalan sepanjang 1300 meter, Renovasi RTLH 20 unit, Rehab Musholla 1 unit dan Pembangunan MCK Umum 1 unit, kemudian Pembangunan Pos Kamling 1 unit,” jelasnya.

Ia menambahkan, persiapan TMMD juga sudah direncanakan dengan baik. Mulai dari langkah koordinasi dengan Pemkab Tuban, masyarakat setempat serta penyiapan lapangan untuk pelaksanaan upacara pembukaan nantinya, termasuk masalah anggaran. “Pelaksanaan kegiatan TMMD kali ini dengan anggaran Rp.1.017.500.000, berasal dari beberapa sumber. Selain dari Baznas anggaran tersebut juga berasal dari dukungan bantuan dari Pemkab Tuban sebesar Rp. 767.500.000,- dan CSR Bank Jatim sebersar Rp. 200.000.000. Dengan anggaran tersebut akan dilakukan kegiatan fisik berupa peningkatan jalan, Renovasi RTLH, Rehab Musholla, Pembangunan MCK dan Pembangunan Pos Kamling, sisanya untuk kegiatan non fisik,” pungkasnya. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author



Videos