Published On: Jum, Mei 10th, 2013

Rawan Jebol Tanggul Bengawan Solo Belum Dibangun

Share This
Tags

RENGEL

Tanggul rawan jebol

RAWAN : Kondisi tanggul nyaris jebol membuat warga was-was

seputartuban.com – Tanggul sungai bengawan solo di Dusun Blimbing, Desa Banjararum, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban nyaris jebol. Karena mengalami kerusakan sepanjang kurang lebih 100 Meter dengan kedalaman sampai 3 Meter.

Kerusakan itu terjadi karena gerusan arus air dan tekanan air saat banjir. Selain itu juga banyaknya penambang pasir ilegal disekitar kawasan tanggul. Kondisi ini terjadi banjir pada bulan Mei 2013 lalu.

Selama ini, pembangunan tanggul hanya sebatas pemberian batu pasir uruk. Yang hanya ditambahkan pada bagian atasnya. Upaya perbaikan itu tidak seimbang dengan kekuatan bagian bawah tanggul. Sehingga tanggul akan mudah jebol dengan terkikis air.

Kapolsek Rengel, AKP Desisi Susilo, saat dikonfirmasi, Kamis (09/05/2013) mengatakan, kerusakan tanggul akibat banyaknya penambang liar. Yang berada diseberang sungai, masuk wilayah Kabupaten Bojonegoro. Sehingga pihaknya tidak dapat berbuat banyak, karena diluar wilayah hukumnya. Namun, pihaknya sudah koordinasi dengan Pemkab Bojonegoro. Untuk menghentikan tambang pasir ilegal tersebut.

Kondisi tanggul yang kritis sudah dilaporkan ke Pemkab Tuban 2 minggu terakhir. Namun hingga saat ini belum diperbaiki. Bahkan pihaknya sudah mengajukan surat pada Bupati Tuban. “Dari Muspika sudah lapor ke Bupati Tuban. tapi belum ada petunjuk yang jelas, ” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi menegaskan pihaknya sudah melangkah. Karena sejak (02/05/2013) sudah meninjau lokasi tanggul dengan timnya.

Dan direncanakan, Senin (13/05/2013) akan dirapatkan bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berwenang di Pemkab Tuban. “Direncanakan BBWS akan membangun tanggul permanen di Desa Banjararum pada tahun 2013 ini. Kita tetap siaga bila sewaktu-waktu banjir,” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Ngaspan berkata:

    Smoga pembangunan tanggul segera terealisasi dg kwalitas yg bagus sehingga warga sekitar tanggul merasa aman dan tentram , amiin

Videos