Published On: Jum, Feb 6th, 2015

Ratusan Rumah Warga Karangtinoto Terendam Banjir

RENGEL

SUDAH MEREDA : Kondisi banjir yang merendam jalan poros Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel sudah mulai mereda

SUDAH MEREDA : Kondisi banjir yang merendam jalan poros Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel sudah mulai mereda

seputartuban.com – Hujan lebat, Selasa (03/02/2015) menyebabkan ratusan rumah warga dan persawahan Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban tergenang banjir hingga Rabu (04/02/2015) malam. Baru pada Kamis (05/02/2015) banjir mulai berkurang menggenangi rumah warga.

Banjir disebabkan sungai desa setempat tidak dapat menampung air sehingga meluber ke pemukiman dan persawahan. “Banjir tersebut mulai memasuki rumah dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB dini hari dan mulai surut menjelang subuh,” ungkap Supardi, warga Dusun Sambongrejo, Desa Karangtinoto, Kamis (05/02/2015).

Kepala Desa Karangtinoto, Gunawan mengatakan banjir ini disebabkan karena pendangkalan sungai avur yang melintas di desanya. “Kami menduga bahwasanya banjir bandang ini di karenakan pendangkalan sungai avur sehinga tidak dapat menampung volume air dari wilayah hulu,” ungkapnya.

Sungai avur ini mendapat kiriman air dari hulu sungai kawasan Desa Klumpit, Desa Tluwe dan Desa Cekalang, Kecamatan Soko. Sedangkan sungai belum dilakukan normalisasi. Sehingga saat hujan lebat wilayah perbukitan, besar kemungkinan akan meluber. “Untuk menanggulangi kejadian alam ini kedepan kami akan mengajukan normalisasi sungai agar banjir tidak kembali terjadi di kemudian hari,” pungkasnya.

Kawasan desa ini sebanyak 220 Kepala Keluarga (KK) tergenang banji.8 hektar sawah dengan tanaman padi usia 2 sampai 3 minggu juga turut terendam. Selain itu jalan lingkungan dan jalan poros desa. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author