Published On: Sen, Mei 21st, 2012

Ratusan Pendemo Blokir Jalan Semen Gresik, Kapolres Turun Tangan

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

KEREK

seputartuban.com – Adanya aksi demo hingga blokir jalan yang dilakukan oleh ratusan massa Paguyuban Bumi Ronggolawe Tuban (PBRT) di depan pintu III PT. Semen Gresik, mengakibatkan kendaraan Dum Truck pengangkut tanah liat berhenti hingga macet dijalan sekitar 2 jam, Senin (21/05/2012).

Puluhan kendaraan pengangkut bahan baku semen itu sempat terhenti, dan baru dapat kembali normal setelah Kapolres Tuban, AKBP Awang Joko Rumitro datang menemui para pendemo, untuk meredam massa dan melakukan negoisasi.

Sebelumnya pendemo melakukan pemblokiran akses jalan produksi dan menginginkan kedatangan Kapolres sebagai bantuan mediasi tuntutan pendemo. Para pendemo sembari menyuarakan tuntutannya melakukan orasi dengan berjoget.

Akhirnya Kapolres datang setelah aksi blokir jalan berjalah hingga 2 jam lebih, dan dengan tegas Kapolres memberikan intruksi untuk menjalankan Dum Truck itu.

Secara langsung Kapolres asli Magelang ini memberikan intruksi agar Dum Truck itu untuk jalan, karena menurutnya ini sudah melanggar atau mengganggu ketertiban umum. Dan sudah termasuk tindakan melanggar peraturan.

“Saya intruksikan kepada jajaran kepolisian, agar menindak tegas setiap ada pelanggaran,” tegasnya.

Apabila para pendemo masih bisa diajak untuk mediasi secara baik baik dan bisa sejalan dengan peraturan tanpa ada yang dirugikan tetap diamankan dan dijaga. Namun apabila sudah tidak bisa diajak mediasi maka harus ditindak tegas sesuai Pengamanan Umum unjukrasa.

“Bila tidak mau diajak mediasi dengan baik saya intruksikan langsung tindak tegas, kita tidak boleh lemah dengan mereka,” tegas Kapolres.

Usai diberi ketegasan oleh Kapolres, massa akhirnya membuka akses jalan dan melakukan mediasi dengan pejabat Semen Gresik untuk menyampaikan tuntutanya.

Foto : Kapolres Tuban, AKBP. Awang J Rumitro saat berada dilokasi demo

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Damar berkata:

    Heboooh bos. Rakyat mau ditindak tegas. SG juga ditindak tegas supoyo ADIL gitu bos.

    Rukun itu indah Kata Rosullulloh

Videos