Published On: Kam, Apr 17th, 2014

Ratusan P3N Kemenag Tuban “Digantung”

TUBAN

ABDUL WAHIB: Kita juga tidak tahu berapa persen kuota yang lulus dan yang dibutuhkan

ABDUL WAHIB: Kita juga tidak tahu berapa persen kuota yang lulus dan yang dibutuhkan

Seputartuban.com-Ratusan tenaga honorer kategori-2 (KA) di lingkup Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban untuk petugas pembantu pencatat nikah (P3N) yang telah mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merasa nasibnya digantung. Meski sudah empat bulan lewat namun hingga hingga sejauh ini belum ada tanda=tanda hasil tes itu diumumkan.

Sudi, P3N dari Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, mengatakan sampai saat ini dirinya masih belum mendapatkan kepastian kapan diumumkan dan berapa kuota yang akan lulus. Padahal tes tulis sudah dilaksanakan 4 November 2013 lalu. Dia makin  gelisah ketika persoalan nasib itu di tanyakan ke Kantor Kemenag Tuban, namun tidak pernah mendapat jawaban pasti. bahkan dirinya merasa di ping pong.

“Kita malah kemarin disuruh membuat surat pernyataan bahwa data yang sudah kita kirimkan sesuai dengan kenyataannya. Dan katanya pertengahan bulan ini diumumkan. Tapi nyatanya  masih belum ada apa-apa” kata Sudi.

Sudi menegaskan, semua P3N sepakat menunggu sampai akhir bulan ini. Jika sampai habis  bulan April ini masih belum belum diumumkan maka seluruh penggawa P3n akan melakukan aksi turun jalan secara besar-besaran.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Tuban Abdul Wahib, mengatakan  hingga saat ini pihaknya juga belum menerima edaran secara resmi terkait pengumuman K2 untuk P3N.

“Kita juga tidak tahu berapa persen kuota yang lulus dan yang dibutuhkan,” katanya saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Rabu (16/04/2013).

Menurut dia, secara lisan pihaknya mendapat informasi pengumuman akan dilaksanakan pertengahan bulan ini, atau paling lambat akhir bulan. Sedangkan kuotanya, dari informasi lisan itu ada 20 persen. “Apakah itu se Indonesia atau untuk tiap Kabupaten kita belum tahu,” kata Wahib.

Dia menegaskan, masalah P3N adalah kewenangan pemerintah pusat. Daerah hanya melaksanakan ujian tulisdan yang menentukan kelulusan juga pemerintah pusat. “Kita berharap secepatnya diumumkan karena saat ini KUA sangat membutuhkan tenaga P3N,” katanya.

Di Kabupaten Tuban sendiri sekarang ada sebanyak 290 orang P3N. Tetapi tidak semuanya mengikuti tes CPNS karena mengundurkan diri. Resminya ada 225 orang P3N K2 yang mengikuti tes CPNS. MUHLISIN

Facebook Comments

About the Author