Published On: Sen, Agu 24th, 2015

Ratusan Anak Pendekar SH Terate Beradu Warna

MONTONG

BEST OF THE BEST: Inilah daftar pemenang lomba mewarnai dan melukis PSH Terate Rayon Guwoterus.

BEST OF THE BEST: Inilah daftar pemenang lomba mewarnai dan melukis PSH Terate Rayon Guwoterus.

seputartuban.com-Lapangan Dusun Jaten di Desa Guwoterus Kecamatan Montong mendadak berubah penuh warna, Minggu (23/08/2015) pagi.

Suasana berbeda di dusun yang menghadap tebing punggung bukit Kabupaten Tuban bagian barat ini terjadi, saat ratusan anak dengan antusias mengikuti lomba mewarnai dan melukis yang digelar Perguruan Setia Hati Terate (PSHT)  Rayon Guwoterus.

Ketua panitia, Sunari, mengatakan ajang adu warna yang diikuti siswa raudhatul atfal (RA), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) se Kecamatan Montong ini, semata diikhtiarkan sebagai upaya meninggikan harmoni antara siswa perguruan dan warga.

“Sekaligus acara ini merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke 70 tahun 2015 ini,” terang juara dua lomba fotografi Polres Tuban Humanis ini.

Dia mengatakan, aneka perlombaan tradisonal lain seperti berebut koin semangka, contong  rege dan lainnya juga disambut penuh semangat oleh warga. Tak hanya anak-anak.

LUWES : Anak memperagakan jurus seni tunggal saat malam pentas seni dan penyerahan hadiah, Minggu (23/08/2015) malam

LUWES : Anak memperagakan jurus seni tunggal saat malam pentas seni dan penyerahan hadiah, Minggu (23/08/2015) malam

Para orang tua termasuk ibu-ibu tak canggung turun arena mengikuti permainan yang pernah menjadi kenangan indah masa kecil itu. Malam harinya digelar panggung hiburan campusari, tari-tarian anak, Seni Tunggal, pemutaran film Naga Bonar dan diselingi penerimaan hadiah aneka lomba.

Sementara salah satu juri lomba mewarnai dan melukis, Maftuchin Reza, mengaku melihat bakat besar terpendam dalam diri anak-anak “pendekar” Desa Guwoterus dan masyarakat Montong terhadap seni berbasis kekayaan warna ini. Hal ini tercermin dari karya mereka dari ajang adu warna tersebut.

Dewan Juri Harus Bekerja Ekstra Keras

BERSAHABAT DENGAN ALAM: Ratusan anak dengan antusias mengikitu lomba mewarnai dan melukis yang digelar Perguruan Setia Hati (SH) Terate Rayon Guwoterus, Minggu (23/08/2015) pagi.

BERSAHABAT DENGAN ALAM: Ratusan anak dengan antusias mengikitu lomba mewarnai dan melukis
yang digelar Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Guwoterus, Minggu (23/08/2015) pagi.

Menurut Reza, dalam perlombaan yang digelar SH Terate Rayon Guwoterus ini persaingan antar peserta cukup berat. Sehingga dewan juri harus bekerja ekstra melihat kelebihan dari masing-masing gambar.

“Berdasarkan kriteria yang ditentukan alasan untuk menentukan pemenang cukup berat. Tim dewan juri harus melihat kelebihan dari masing-masing peserta. Korelasi antara warna dengan gambar cukup kuat sehingga benar-benar menghasilkan karya yang indah,” katanya di lokasi acara disamping Ketua SH Terate Rayon Guwoterus, Cipnal Muchlip M.

Reza menyebut kriteria penilaian penilaian mewarnai mencakup tiga hal. Yakni komposisi warna, motorik dan finishing. Sedangkan kriteria penilaian lomba menggambar masing-masing kesesuaian tema, keunikan dan daya cipta serta harmoni.

Berikut daftar nama-nama pemenang berdasar kategori. Lomba menggambar dan mewarnai tingkat SD/MI kelas 4,5,6 masing-masing Jaka Adi S (SDN Nguluhan), Tasbihatul Fitriyah (MI Islamiyah Pakel Montong) dan Diva (SDN Guwoterus).

Menebali dan mewarnai kelas 1,2,3 SD/MI juaranya adalah Gazela Zakali Jika (MI Mambaul Ulum Sumurgung), Galih Alfareza (SDN Guwoterus 2) serta Areta Apta An Anargia (MI Nurul Hakim).

Juara mewarnai kelompok TK/RA yakni Cipta Kurnia Awwalu Elmufid (RA Nurul Hakim), Yuandini Lailatul Maulidi Dina (RA Nurul Hakim) serta Muhammad Azam (TK Sekar Insani Montong). ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author