Published On: Kam, Mar 27th, 2014

PWI Tuban Dibentuk Untuk Meningkatkan Kwalitas Wartawan

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Jawa Timur, Drs. H. Akhmad Munir berharap agar pengurus PWI Tuban dapat membantu untuk meningkatkan profesionalisme wartawan.

PWI Tuban dilantikHal ini disampaikan dalam sambutannya saat acara pelantikan dan seminar Jurnalisme yang diselenggarakan di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Selasa (25/3/2014) oleh PWI Tuban dalam rangka hari pers nasional (HPN) dan HUT PWI ke 68 tahun.

“PWI adalah organisasi terbesar yang tersebar di Indonesia. Pengurus PWI Tuban memiliki tugas untuk meningkatkan profesionalisme wartawan selain berkomunikasi dengan steakholder,” kata Ketua PWI Jatim.

Munir menambahkan, bahwa seorang wartawan itu tidak kebal hukum, dan harus memberikan contoh yang baik dimasyarakat. Selain itu juga menegaskan bahwa organisasi profesi di Indonesia yang diakui secara hukum oleh pemerintah adalah PWI, AJI, dan IJTI yang telah dinyatakan lolos verifikasi oleh Dewan Pers. “Diluar organisasi yang dinyatakan lolos verifikasi oleh Dewan Pers itu sebuah komunitas atau kearifan lokal. Biasanya tiap daerah selalu ada. Mereka sah-sah saja, tapi secara hukum tidak diakui oleh undang-undang sebagai organisasi profesi wartawan,” tegasnya.

Sehingga sesuai amanat Dewan Pers, organisasi yang dapat melaksanakan uji kompetensi wartawan adalah organisasi yang sudah disahkan oleh Dewan Pers dan sah menurut hukum organisasi profesi wartawan.

Terpisah, Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Hussein saat diwawancarai mengatakan, PWI Tuban harus menjaga eksistensi agar mendapat tempat dimasyarakat. Diharapkan PWI menjadi laeder dan mendorong wartawan lebih profesional. “Saya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus PWI Tuban dan terbentuknya organisasi wartawan tertua di Indonesia ini. Mudah-mudahan PWI ini bisa eksis,” kata Wabup.

Selain itu diharapkan adanya sinergitas antara wartawan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), sehingga sama-sama saling mengerti posisinya masing-masing. Selama ini wartawan sudah sangat membantu Pemerintah dalam memberikan informasi yang belum diketahui pemerintah dan butuh penanganan dari pemerintah.

“Wartawan di Kabupaten Tuban sangat bagus, menurut saya pribadi malah sangat membantu bagi perkembangan pemerintah. Perlu adanya sinergitas antara wartawan dengan Pemerintah Kabupaten,” ungkap Wabup. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Videos