Published On: Ming, Feb 28th, 2016

Puting Beliung Terjang Sejumlah Kecamatan

TUBAN

SIGAP : Anggota TNI membantu membenahi rumah warga yang rusak akibat puting beliung

SIGAP : Anggota TNI membantu membenahi rumah warga yang rusak akibat puting beliung

seputartuban.com – Sejumlah kawasan di Kabupaten Tuban, Kamis (25//2/2016) malam hingga Sabtu (26/2/2016) malam diterjang puting beliung. Hal itu menyebabkan sejumlah kerusakan bangunan maupun kerugian lain akibat kejadian itu.

Salah satunya terjadi diwilayah Desa Ngandong, Kecamatan Grabahan. 4 rumah mengalami rusak karena diterjang puting beliung. Musibah itu telah merusak warung milik Budiono, warga Dusun Gembong RT.02 RW. 04 kerusakan rumahnya ditaksir Rp. 5 juta. Kemudian ruangan Dapur serta kandang ternak milik Sugio, warga Dusun Gembong RT. 04 RW. dengan taksir kerugian juga sama.

Kemudian ruangan dapur dan bangunan teras rumah milik Kandek warga Dusun Secang RT. 07 RW. 02 Desa Gembong. Bangungan itu tertimpa pohon akibat terhempas angin denga tafsir kerugian sebesar Rp. 3 juta. Dan bangunan teras serta sebagian ruang tamu milik Barkah warga Dusun Secang RT. 07 WR. 02 juga tertimpa pohon dengan  taksir kerugian mencapai Rp. 5.000.000,-

TANGGAP : Anggota Polisi sedang membantu memotong pohon yang tumbang menimpa rumah warga

TANGGAP : Anggota Polisi sedang membantu memotong pohon yang tumbang menimpa rumah warga

Camat Grabagan, Suwito mengatakan pihaknya sudah memberikan bantuan berupa moril dan materil diantaranya dengan mengabarkan kejadian tersebut kepada instansi terkait serta memaksimalkan fungsi 3 pilar. “Kami sudah mendatangi tempat kejadian bencana, memberikan bantuan terhadap warga terdampak. katanya, Jumat (2/6/2016).

Selain 4 rumah warga yang rusak parah, belasan lainya juga menjadi korban meski hanya atap rumah saja. Selain itu juga menyebabkan sejumlah pohon di poros jalan Kecamatan Grabakan-Kecamatan Semanding Roboh.

Sebelumnya puting beliung porak porandakan kawasan Dusun Tlogo Nongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kamis (25/2/2016) sekitar jam 18.00 malam. Wilayah tersebut diguyur hujan sejak jam 16.00 WIB dengan lebat disertai puting beliung.

Akibatnya genteng rumah warga rusak, serta menumbangkan beberapa pohon yang ada disekitar jalan kecamatan. Pohon tersebut menimpa tiang listrik dan roboh, sehingga warga listrik PLN dipadamkan. Tidak hanya itu, puting beliung juga merobohkan kandang ayam yang berukuran 4 meter x 15 meter. Serta merusak puluhan hektar tanaman jangung yang masih belum siap panen.

Menurut, Yasir (58), warga pemilik kandang ayamnya mengatakan saat adzan magrib ada angin kencang yang membuat warga ketakutan dan keluar rumah. Sebab angin juga membuat beberapa teras rumah warga rusak. Yasir menambahkan, selain merobohkan kandang ayamnya, tanaman jagungnya 1 hektar juga rusak parah karena roboh, padahal sudah siap panen. “Setelah angin reda yang melihat kandang ayam saya sudah rata dengan tanah,” terangnya.

Akibat kejadian itu, selain merusak jaringan listrik, juga merobohkan papan penunjuk arah. Diperkirakan kerugian peristiwa itu mencapai ratusan juta rupiah.

Jumat (26/2/2016) malam, di kawasan hutan Perhutani BKPH Mulyoagung, KPH Parengan, juga diterjang puting beliung. Menyebabkan sejumlah pohon jati tumbang tersebar di beberapa kawasan. Belum dapat dipastikan jumlah kerugian Perhutani akibat hutan produksinya porak-poranda itu. MUHLISHIN/ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author