Published On: Kam, Okt 27th, 2016

Puting Beliung Terjang Palang, Belasan Rumah Rusak Berat

PALANG

seputartuban.com – Diguyur hujan disertai angin kencang selama 2 jam, 20 rumah di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Rabu (26/10/2016) malam rusak. Belum dapat ditaksir jumlah kerugian yang diderita warga.

TERHALANG POHON : Petugas BPBD Pemkab Tuban saat melakukan evakuasi pohon tumbang di wilayah Kecamatan Palang

TERHALANG POHON : Petugas BPBD Pemkab Tuban saat melakukan evakuasi pohon tumbang di wilayah Kecamatan Palang

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, amukan angin tersebut melanda wilayah Dusun Mbiru, Desa Kradenan, Kecamatan Palang sejak Pukul 18.30 WIB. Akibatnya merusak rumah milik Joko, Muntiani, Budi, Agung, Sumat, Agus Sukirno, Busri, Ngasipan, Kiswandoyo, Kasih, Kastono, Sumindar. Serta milik Hantowaluyo, Huda, Purwanto, kasnari, Sunoto, Aspiah, Mardikun dan Sumaji.

“Data sementara yang kami miliki untuk rumah rusak ringan berjumlah 13. Rusak berat berjumlah berjumlah 7,” ungkap Plt. Kepala BPBD Kabupaten  Tuban, Joko Ludiono, Rabu (26/10/2016) malam.

Menurut joko, Hujan disertai angin tersebut selain mengakibatkan rumah dan kandang ternak milik warga rusak. Selain itu juga menyebabkan tumbangnya beberapa pohon disisi jalan.

Akibatnya, saat akan menuju lokasi, timnya sempat terhalang. Karena harus lebih dulu mengevakuasi beberapa pohon yang roboh dengan menggunakan mesin pemotong.

“Ini data sementara di lapangan, sedangkan bantuan yang kami berikan malam ini diantaranya kebutuhan bahan bahan pokok untuk menunjang kehidupan beberapahari kedepan. Untuk lainya menyusul,” imbuhnya.

Dia mengingatkan, untuk cuaca ekstrim sesuai dengan prakiraan cuaca Badan Metrologi Krematologi dan Geofisika (BMKG). Wilayah Kabupaten Tuban selama beberapa hari kedepan masih berpotensi hujan lebat disertai angin pada beberapa titik. “Arah angin sebagian besar menuju arah barat daya dan wilayah bagian selatan,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author