Published On: Jum, Okt 10th, 2014

Puskesmas Soko Giatkan Penanganan Penyakit Kronis

Share This
Tags

SOKO

OPTIMALKAN KERJA : Masyarakat sedang menerima penjelasan tentang kesehatan dari petugas Puskesmas Soko

OPTIMALKAN KERJA : Masyarakat sedang menerima penjelasan tentang kesehatan dari petugas Puskesmas Soko

seputartuban.com – Puskesmas Soko saat ini sedang gencar melaksanakan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Hal ini dilakukan sebagai wujud pencegahan agar masyarakat tidak menjadi korban keganasan sejumlah penyakit kronis.

9 macam penyakit yang di kategorikan penyakit kronis yakni diabetes melitus (DM), hypertensi, asma, gangguan fungsi ginjal, tekanan darah rendah, kolesterol tinggi, kanker dan alergi serta TBC. Upaya yang dilakuan dengan memberian pendidikan masyarakat melalui penyuluhan, Agar berperilaku hidup sehat. Serta memberikan bimbingan konseling serta motivasi agar memiliki kesadaran untuk kontrol kesehatan.

Program yang sudah dilakukan ini nampaknya cukup mempengaruhi kesadaran masyarakat yang mulai membaik. Terbukti dengan kunjungan masyarakat ke Puskesmas meningkat. “Nilai fluktuasi kedatangan masyarakat ke Puskesmas sekarang sudah cukup tinggi. Dari yang tadinya hanya 30 persen saja, sekarang mencapai hampir  80 persen,” ungap Kepala UPT Puskesmas Soko, Musholin, Jumat (10/10/2014).

Pelayanan dengan pemeriksaan laboratorium, penyuluhan, bimbingan kesehatan dan olah raga pagi ini lebih mendapat apresiasi dari masyarakat. Daripada pelayanan reguler yakni pemberian obat dan kontrol kesehatan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos