Published On: Sen, Jun 3rd, 2013

Puluhan Warga Demo Gudang Semen Pocong

Share This
Tags

JENU

Warga demo semen pocong

KESAL : Warga saat menggelar aksi unjuk rasa di Gudang semen pocong

seputartuban.com – Sekitar 75 warga Dusun Bogang, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban melakukan aksi demo di gudang diduga milik Kambali (40) warga setempat, Senin (03/06/2013).

Warga menyoal pembangunan gudang seluas 50 meter X 20 meter tersebut belum berijin. Atau belum mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Selain itu warga juga meminta agar dibuatkan saluran pembuangan air. Karena selama ini air keluar dari dalam gudang langsung menuju pemukiman warga. Sehingga material semen yang dibawa air masuk kerumah dan mengganggu warga.

Tuntutan lain, warga juga meminta agar pemilik gudang segera mengantongi ijin usaha. Diduga selama ini, belum memiliki ijin usaha, namun sudah beroperasi. Selain itu, warga juga meminta agar bangunan pagar tidak lebih tinggi dari 2 Meter. Alasannya, dikhawatirkan bila terjadi runtuh tidak mengenai warga. Karena batas gudang bertepatan dengan jalan desa setempat.

Saat warga unjuk rasa, ditemukan truk buld muat semen curah Nopol W 9640 UC milik CV. Jaya Sakti berada di dalam gudang. Selain itu juga ditemukan ratusan sak karung plastik berisi semen (Semen  Pocong).

Koordinator aksi, Ahmad Sani (38), warga setepat saat dikonfirmasi mengatakan tuntutan warga dimaksudkan untuk kepentingan dan keselamatan warga sekitar gudang. “Warga resah dengan adanya usaha ilegal itu. Tadi saya bertanya kepada sopir truk itu katanya mau bongkar. Itu semen ilegal (Semen Pocong). Harus ijin dan membangun gorong-gorong didalam gudang,” katanya.

Terpisah pemilik gudang, Kambali saat dikonfirmasi di gudangnya mengatakan bahwa truk buld yang ada di gudangnya hanya parkir. Disoal adanya bongkar muatan berupa semen, dirinya hanya sekedar membeli sisa muatan semen.

Disoal adanya penimbunan solar yang berada di belakang gudangnya, dirinya tidak bisa berkomentar dan hanya terdiam saja. “Saya hanya beli sisa mas, sedikit untuk beli rokok,” pungkasnya.

Sebutan Semen Pocong adalah Semen kering dari truk pengangkut yang dibeli eceran. Kemudian dikemas dalam sak atau karung yang ditali menyerupai pocong. (han)

Facebook Comments

About the Author