Published On: Rab, Feb 24th, 2016

PT. SI Setujui Tuntutan Pemuda Ring 1

KEREK

SEPAKAT : Pertemuan antara warga, Kepala Desa dan perwakilan Semen Indonesia

SEPAKAT : Pertemuan antara warga, Kepala Desa dan perwakilan PT Semen Indonesia

seputartuban.com – PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk menyetujui tututan pemuda 10 desa ring 1. Yakni transparansi dalam proses rekrutmen tenaga kerja yang dilakukan perusahaan.

Perusahaan menyetujui proses rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan lebih mengutamakan warga sekitar perusahaan. Hal itu disampaikan pada saat pertemuan antara pihak perusahaan, perwakilan pemuda ring 1, Kepala Desa, anak perusahaan dan Camat bertempat di Kantor PT Semen Indonesia, Desa Sumberarum Kecamatan Kerek, Selasa (23/2/2016) jam 2 siang.

Kabiro Humas dan CSR PT SI, Wahyu Darmawan menegaskan pihaknya menyetujui tuntutan para pemuda ring 1. Sebab perusahaan juga berkeinginan untuk menyejahterakan warga sekitar. “Perusahaan menyetujui apa yang menjadi keinginan dari para pemuda,” katanya.

Wahyu menambahkan bahwa telah dilakukan pertemuan antara PT SI dan semua anak perusahaan. Dalam pertemuan tersebut semua anak perusahaan sepakat dalam rekrutmen tenaga kerja akan mengutamakan warga ring 1. “Vendor diwajibkan untuk merekrut warga sekitar terutamanya diluar tenaga teknis,” sambungnya.

Selain itu, perusahaan juga akan melakukan evaluasi setiap sebulan sekali terhadap anak perusahaan. Serta bertujuan untuk menciptakan warga menjadi wirausahawan. “Kita akan melakukan rapat koordinasi secara rutin satu bulanan untuk mengetahui perkembangannya,” ujarnya.

Koordinator Pemuda Ring 1, Antok mengatakan bahwa pemuda sangat bersyukur karena pihak perusahaan sudah merespon apa yang menjadi tuntutan para pemuda. Namun kesepakatan itu perlu dilakukan pengawalan agar benar-benar sesuai dengan harapan. “Namun kesepakatan ini harus ada konsep yang jelas dan ada pengawalan,” kata Antok.

Selain itu, juga dalam rekrutmen tenaga kerja benar-benar transparan dan mengutamakan warga sekitar perusahaan. Sebab proses rekrutmen saat ini tidak sesuai dengan harapan warga. Karena masih banyak tenaga kerja yang berasal dari luar daerah.

Kades Sugihan, Kecamatan Merakurak, Warsito menyampaikan perlu adanya transparansi dan pengawalan terhadap pelaksanaan komitmen itu. Sehingga apa yang sudah menjadi keputasan manajemen dapat dilaksanakan oleh anak perusahaan. “Kedepan programnya lebih menyentuh, dan berkelanjutan sehingga tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban,” ujar Warsito. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author