Published On: Sab, Mar 12th, 2016

PT. SI Bagi Rp. 6,5 Miliar Untuk 26 Desa Ring 1

TUBAN

PEDULI DESA : Forum Masyarakat Kokoh mengusulkan program desa ke PT Semen Indonesia dengan anggaran yang diberikan Rp. 250 juta

PEDULI DESA : Forum Masyarakat Kokoh mengusulkan program desa ke PT Semen Indonesia dengan anggaran yang diberikan Rp. 250 juta

seputartuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memberikan jatah dana segar Rp. 6,5 miliar untuk 26 desa. Di Kecamatan Kerek, Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Jenu. Masing-masing desa mendapatkan Rp. 250 juta dari program Corporate Social Responsibility (CSR) itu.

Direktur Utama PT Semen Indonesia, Suparni mengatakan untuk menunjang program pemberdayaan masyarakat, perusahaan memberikan bantuan program CSR kepada 26 desa sekitar perusahaan. Karena program pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan selama ini cenderung menimbulkan ketergantungan. Membuat masyarakat dan pemerintah tidak melihat potensi yang dimiliki oleh masyarakat.

Daftar desa penerima dan banyaknya dana

Daftar desa penerima dan banyaknya dana

“Kita kerjasama dengan Pemkab Tuban memfasilitasi terbentuknya Forum Masyarakat Kokoh (FMK). Yang merupakan forum diskusi antara para pemangku kepentingan desa,” kata Suparni saat acara penanda tanganan bantuan CSR PT Semen Indonesia kepada Pemkab Tuban di Rest Area, Kamis (10/3/2016).

Dengan adanya perubahan sistematis pemberdayaan masyarakat tersebut diharapkan program CSR benar-benar dapat tersalurkan sesuai dengan harapan. Tujuan terbentuknya FMK untuk mengidentifikasi potensi dan kebutuhan desa tersebut. Setelah kebutuhan teridentifikasi, maka proposal diajukan kepada Semen Indonesia.

“Kita ingin pemerintah, masyarakat, dan perusahaan sama-sama membangun desa. FMK menjadi jawaban untuk menjaring kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan dengan cara menggali dan meningkatkan potensi warga. Sehingga nantinya akan menjadi desa yang lebih mandiri dan amju,” harap Suparni.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda dalam sambutannya berharap agar perusahaan lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat bagi warga sekitar perusahaan. Untuk membantu pemerintah daerah mengurangi permasalahan sosial disekitar perusahaan. “Kita berharap perusahaan lebih meningkatkan peran sertanya dalam mengurangi kemiskinan yang ada disekitar perusahaan itu,” pesan Bupati.

Diketahui, selain memberikan bantuan terhadap 26 desa, perusahaan juga menyerahkan bantuan 1.000 paket sembako dalam rangka mendukung kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban. Serta bantuan perlengkapan pengemasan kepada 40 UKM binaan di Tuban. Dari total UKM binaan sebanyak 7.428 unit.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno dan Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono. Hadir pula pejabat penting Pemkab Tuban maupun PT Semen Indonesia. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author