Published On: Sab, Jun 6th, 2015

PT EMCL Optimalkan HIPPAM dan Jamban Berbasis Masyarakat

Share This
Tags

PLUMPANG

BERBAGI MANFAAT : Peresmian program oleh Wakil Bupati Tuban

BERBAGI MANFAAT : Peresmian program oleh Wakil Bupati Tuban

seputartuban.com – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Jumat (05/06/2015) meresmikan program pengelolaan air bersih berbasis pengelolaan masyarakat, di SDN III Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Program bantuan air bersih dari PT ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) di Desa Sumurjalak itu melibatkan masyarakat sebagai pelaksana program. Melalui organisasi masyarakat yang tergabung dalam Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM).

Sebagai pelaksana program ditingkatan masyarakat, HIPPAM bertanggungjawab penuh terhadap seluruh pembangunan fasilitas air bersih. Dari pencarian titik sumber, pembangunan tower, sampai dengan pemasangan SR yang didampingi LSM.

Program lain yang dilakukan adalah pembangunan fasilitas jamban sehat berbasis masyarakat. Yang dilaksanakan di Desa Gesing, Desa Ngimbang dan Desa Minohorejo. Masyarakat membentuk Tim Sanitasi Desa (TSD) yang bertanggungjawab penuh terhadap pelaksanaan program didampingi LSM.

TSD terdiri dari ibu – ibu PKK dan Bidan desa yang tidak hanya bertanggungjawab dalam pelaksanaan pembangunan jamban sehat. Namun juga bertanggung jawab untuk melakukan pemicuan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)  kepada masyarakat bekerjasama dengan Puskesmas.

Wakil Bupati Tuban, menyambut baik program yang diprakarsai oleh EMCL ini. “Air Bersih sejatinya sangat diperlukan, selain sebagai sarana MCK, air diperlukan dalam kebutuhan ibadah, dalam agama islam, dibutuhkan air bersih yang suci dan mencusikan dalam hal bersuci. Dengan air yang minim maka akan kurang maksimalnya ibadah yang dilakukan. Dengan adanya air bersih yang dapat mengalir disemua rumah dengan waktu 24 jam, otomatis dapat mempermudah semua kebutuhan,” katanya.

Peresmian ini ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar stop BAB Sembarangan dan diakhiri dengan cuci tangan pakai sabun bersama, kemudian pemukulan Gong. Acara ini juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Plumpang, Palang, Widang dan Semanding.. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author