Published On: Jum, Sep 4th, 2015

Proyek Jalan Merakurak Abaikan Lingkungan

MERAKURAK

KERING: Salah satu kawasan jalan jurusan Tuban-Merakurak yang akan dilebarkan, Kamis  (03/08/2015) siang.

KERING: Salah satu kawasan jalan jurusan Tuban-Merakurak yang akan dilebarkan, Kamis
(03/08/2015) siang.

seputartuban.com-Pembangunan berwawasan lingkungan yang acap didengung-dengungkan Pemkab Tuban ke telinga rakyat ternyata belum sepenuhnya bisa dilaksanakan.

Salah satu bukti antara kata-kata dan perbuatan yang tidak nyambung itu tampak nyata dalam proyek pembangunan jalan Tuban-Merakurak.

Ketua LSM Cagar Tuban, Edy Thoyibi, menilai pembangunan jalan Tuban Merakurak jelas-jelas mengabaikan lingkungan.  Pohon-pohon yang ada di sekitar jalan ditebang membabi buta tanpa dilakukan tanpa konsep ekologi.

“Seharusnya pemkab melakukan penanaman pohon terlebih dahulu, Baru kemudian pohon-pohon yang ada ditebang,” ujar Edy Thoyibi, Kamis (03/09/2015) siang.

Menurut dia, meski pembangunan jalan itu untuk pengembangan sektor ekonomi masyarakat, tetapi Pemkab Tuban juga harus melihat dampak lingkungannya.

Sebab dengan ditebangnya pohon-pohon besar itu jalanan tak teduh lagi. Jalan menjadi panas dan berdebu.

“Ini menjadi pembelajaran bersama, agar jauh-jauh hari sebelum dilakukan pembangunan jalan dan penebangan pohon harus ada penanaman pohon yang baru,” kata Edy.

Menanggapi soal itu Kepala Dinas PU Tuban, Choliq Qunnasich, menyatakan menyiapkan konsep ekologinya. Yakni, nantinya Pemkab Tuban akan melakukan reboisasi dengan menanam pohon-pohon yang pertumbuhannya cepat.

“Sehingga pohon yang ditebang cepat kembali tumbuh dan pulih.” tandas dia.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 4 Comments
Have Your Say
  1. hyfa berkata:

    Mohon maaf sebelumnya tp tolong sebelum bicara di fikir sebelumnya. Kata – kata “akan menanam pohon yg cepat tumbuhnya”, emang ada ya pohon yg dalam hitungan detik atau jam bisa tumbuh 2-3 atau sampai di atas langit, gk perlu menghayal ke situ deh pak buktinya sampai sekarang gk ada tu reboisasi adanya malah di potong lagi, emang kami mau nafas pake apa . ??tabung oksigen..??
    Kalo benar buktikan kata2 anda, terima kasih.

  2. widya berkata:

    Maju terus tubanku. Tp jangan lupa pohonya di tanam lg. Untuk kita Dan generasi yg akan datang

    rental mobil jogja

  3. Kentrung berkata:

    Nggak usah didengarkan bos. Jika harus mensnam pohon dulu kapan mbenerin jalan. Siapkan taman yg manis di sepanjang jalan.

  4. ristanto berkata:

    Lha kok podo aneh,,gak dibangun demo,,,demo dibangun yo salah,,,trus kudu piye pemerintah iki,,,