Published On: Ming, Mei 28th, 2017

Program Tabungan Akhirat Makin Berkembang

seputartuban.com, MONTONG – Program Tabungan Akhirat yang dikembangkan di Desa Guwoterus, Kec. Montong, Kab. Tuban semakin berkembang. Sudah 2 tahun program itu berjalan makin bertambah masyatakat yang bergabung. Serta sudah diakui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tuban.

TAHUN KEDUA : Suasana acara pembukaan Kotak Tabungan Akhirat

Rabu (24/5/2017) untuk kedua kalinya Kotak Tabungan Akhirat dibuka. Program tahunan itu berbasis keluarga sudah kedua kalinya atau tahun kedua dibuka. Dari awalnya hanya 15 orang, kini sudah menjadi 30 orang lebih. Kotak kayu yang dikunci diberikan kepada masyarakat dan ditempatkan di rumah masing-masing.

“Bukanya tidak dihitung tiap kotak, tapi langsung total seluruh hasil kotak. Sehingga tiap orang juga tidak tahu dia dapat berapa,” kata Ketua UPZ Tabungan Akhirat, Darmadi, Sabtu (27/5/2017).

Masyarakat semakin menerima program ini. Terbukti banyak warga yang meminta kotak untuk gabung menjadi anggota. “Sudah ada beberapa yang minta lagi. Alhamdulillah perlahan semakin diminati masyarakat,” imbuhnya.

TERUS BERKEMBANG : Lintas masyarakat menghitung bersama hasil kotak tabungan akhirat

Tahun kedua, hasil kotak seluruhnya Rp. 8,711,000, jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya. “Uangnya akan kita sampaikan ke BAZNAS Kab. Tuban dulu, kemudian kita akan mengajukan program untuk direalisasikan lagi. Diantaranya untuk pengembangan ekonomi, sosial, pendidikan dan lainya masyarakat Desa Guwoterus,” ungkapnya.

Kabag Kesra Pemkab Tuban yang juga Sekretaris BAZNAS Kab. Tuban, Sudarmaji dalam acara pembukaan kotak sangat mengapresiasi langkah ini. Tabungan akhirat merupakan UPZ satu-satunya dibawah binaan BAZNAZ Kab. Tuban yang dioperasikan ditengah masyarakat langsung.

“Uang kita yang asli milik kita ya yang ada dalam kotak ini. Kalau lainya itu bagikan pinjaman atau titipan saja. Uang yang dalam kotak ini yang akan kita miliki di akhirat nanti,” jelasnya.

Hadir dalam pembukaan Kotak Tabungan Akhirat, anggota Polsek Montong, Koramil Montong, Kepala UPTD Dinas PU Kec. Montong. Juga Asper Perhutani BKPH Mulyoagung, Kepala Desa Guwoterus, Pengurus Pendekar Siaga, pengurus Club Vespa serta anggota Tabungan Akhirat. Nal

Facebook Comments

About the Author