Published On: Kam, Jun 21st, 2012

Program Nasional, Rp. 5 Milyar Lebih Untuk Bangun Rumah Gakin

Share This
Tags

Penulis : Hendra Tonik

TUBAN

seputartuban.com – Program pemerintah pusat untuk masyarakat kurang mampu atau keluarga miskin (Gakin) yakni pembangunan rumah  tahun ini mulai dilaksanakan pada awa bulan Juli 2012 mendatang. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Dinas Pekerjaan Umum Kab. Tuban menyebukan 340 lokasi rumah miskin akan direnovasi.

Setiap kecamatan mendapatkan jatah 17 unit bantuan dari pemerintah dan total dana yang dihabiskan untuk masing-masing rumah mencapai Rp. 17,5 juta rupiah , sehingga total anggaran mencapai Rp. 5.950.000.000.

Kepala Bidang Pemukiman, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tuban, Satrio kepada seputartuban.com, rabu (20/06/2012) mengatakan, pelaksanaan pembangunan bantuan rumah miskin ini akan segera dimulai bulan depan. “ Kami sudah mengumumkan CV mana saja yang akan menangani proyek ini,” jelasnya.

Satrio juga menambahkan, sebelum penentuan lokasi rumah mana saja yang akan direnovasi pihaknya melakukan koordinasi dengan Pemerintahan Desa dan Kecamatan. “ Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya adalah tanah harus milik sendiri, bukan tanah pinjaman ataupun sewa, mereka asli penduduk desa yang bersangkutan, memiliki kartu Jamkesmas dan memang rumahnya layak untuk kita renovasi,” jelasnya.

Saat ditanya tentang kendala pada saat pelaksanaan di lapangan, Dia menjelaskan, tidak ada kendala yang berarti, namun terkadang warga yang dibantu kurang respon. “ Sesungguhnya program ini untuk meringankan beban masyarakat miskin di Tuban, tapi mereka kurang tanggap. Harapan kami saat dibantu mereka antusias, misalnya  dengan membelikan tambahan semen dan lain-lain. Saya pikir kalau hal itu terjadi akan menambah semangat kami untuk selalu bekerja dengan baik,” pungkas Satrio.

Foto : ilustrasi lensaindoensia.com

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Damar berkata:

    HATI-HATI ADA PAK CALAK TUKANG SUNAT PROYEK MULAI ANCANG-ANCANG NGASAH GRAJI.