Published On: Sab, Jan 23rd, 2016

Program Lantas Tuban 2016, Optimalkan Peran Satpam Lalu Lintas

TUBAN

PEDULI : Penandatanganan komitmen bersama mengawali program Gus Lants Polres Tuban

PEDULI : salah satu program inovasi Polres Tuban bidang Lantas adalah Gus Lants Polres Tuban

seputartuban.com – Sat Lantas Polres Tuban akan memaksimalkan petugas keamanan perusahaan dan sekolah untuk membantu melakukan pengamanan lalu lintas. Upaya itu sebagai wujud menciptakan Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di Kabupaten Tuban.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dyno Indra Setiadi mengatakan pihaknya telah menginventarisir petugas keamanan sekolah dan perusahaan. Yang lokasi bekerjanya terletak dekat dengan jalan raya. Mereka akan diberikan keilmuan tentang pengaturan lalu lintas. Serta penanganan pertama jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Pelatihan bagi para Security pabrik maupun yang bertugas dimasing-masing sekolah. Yang mana bertujuan untuk menumbuhkan pengertian, dukungan, dan terlibat aktif dalam usaha menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dilingkunganya,” terangnya. Jumat, (22/1/2016) siang.

Peran petugas pengamanan sangat membantu terwujudkan Kamseltibcar Lantas dilingkunganya masing-masing. Tempat kerja mereka sekaligus menjadi pusat aktivitas masyarakat. Sehingga sangat diperlukan kemampuan teknis pengaturan Lalin, agar hal-hal buruk tidak mudah terjadi. “Ini upaya kami agar kondisi Lalin Tuban semakin baik kedepanya,” imbuhnya.

Program lain 2016 adalah optimalisasi Dikmas Lantas. Komunitas masyarakat akan dioptimalkan untuk membantu mengkampanyekan tertib berlalulintas. Seperti program reguler tahun sebelumnya. Club sepeda motor hingga lembaga pendidikan menjadi sasaran program ini. Mulai pendidikan anak usia dini hingga SLTA sederajat.

“Program Dikmas Lantas yangg sudah dilakukan secara terorganisir ini diharapkan selain mampu memberikan penyadaran pada seluruh lapisan maasyarakat tentang aturan-aturan berkendara.  Jangka panjangnya dapat pula menurunkan tingginya angka kecelakaan di wilayah Hukum Polres Tuban,” harapnya.

Diawal tahun 2016 ini, kejadian Laka Lantas masil terbilang tinggi. Sudah tercatat 83 kasus kecelakaan terjadi. Sedangkan data sejak 1 januari 2015 sampai 25 Desember 2015 sudah terjadi Laka Lantas sebanyak 1.041 kejadian. Jumlah tersebut Naik 6% dibanding tahun 2014 yang berjumlah 976 kejadian. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author