Published On: Sel, Nov 29th, 2016

Presiden RI Serukan Hijaukan Indonesia Dari Tuban

JENU

seputartuban.com – Presiden RI, Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tuban, Senin (28/11/2016)  dalam rangka untuk menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan meninjau proyek desa yang dibiayai dari dana desa di Kecamatan Jenu.

BUMIKU HIJAU : Presiden RI, Joko Widodo saat menanam pohon jati

BUMIKU HIJAU : Presiden RI, Joko Widodo saat menanam pohon jati

Dalam kunjungan itu, Presiden didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi dan rombongan yang sebelumnya lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 08.00 WIB menuju Bandara Juanda Sidoarjo. Kemudian dari Bandara Juanda, Presiden melanjutkan perjalanan dengan mengunakan Helikopter Super Puma menuju ke Tuban dan mendarat di helipad milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Presiden dan rombongan langsung menuju Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, untuk menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2016. Dalam acara itu ditanam 238.000 pohon, di antaranya 38.000 pohon jati dan sisanya jenis pohon lainnya di area lahan seluas 23 hektare. Penanaman pohon itu melibatkan petani setempat dan sekitarnya, sekitar 5.500 orang. Acara tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang kerjasama dengan Koperasi Produsen Anugrah Bumi Hijau (Koprabuh).

Presiden dalam sambutannya mengatakan bahwa tidak hanya menanam tetapi juga mempunyai tugas untuk merawat agar pohon yang ditanam bisa tumbuh dan bermanfaat. Jangan sampai masyarakat merusak pohon yang fungsinya sangat besar bagi masyarakat. “Selain menanam pohon untuk lingkungan juga memberikan kesejahteraan bagi penduduk,” kata Presiden RI ke tujuh itu.

Selain itu, Presiden juga meminta agar masyarakat tidak asal main tebang pohon. Bila itu terjadi maka banjir yang datang dan menyusahkan semua orang. “Seperti yang terjadi di Bandung dan Garut itu karena bagian hulu hutan-hutan sudah beralih fungsi, hutan menjadi pertanian, hutan menjadi pemukiman, hutan menjadi tambang, dan juga hutan menjadi industri,” sambung Presiden.

Diketahui, usai menghadiri penanaman pohon tersebut, Presiden bersama rombongan meninjau pelaksanaan dana desa di Desa Sumurgeneng, Kacamatan Jenu yang tidak jauh dari lokasi penanaman tersebut. Setelah itu baru Presiden kembali ke Surabaya dengan kendaraan yang sama. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos