Published On: Kam, Agu 20th, 2015

Praja Ronggolawe Tekuk Perusuh Pilkada Tuban

TUBAN

BEKUK PERUSUH: Pasukan Operasi Mantap Praja Ronggolawe 2015 saat melakukan simulasi di  Alun-alun Tuban, Rabu (10/08/2015) pagi.

BEKUK PERUSUH: Pasukan Operasi Mantap Praja Ronggolawe 2015 saat melakukan simulasi di
Alun-alun Tuban, Rabu (10/08/2015) pagi.

seputartuban.com-Sekelompok massa yang marah dengan anarkis berusaha menyerang aparat keamanan yang tengah fokus melakukan pengamanan Pilkada Tuban 2015. Sementara di sudut berbeda, puluan warga berhamburan ke jalan rasa menyusul teror bom yang dilakukan sejumlahorang tak dikenal.

Namun kondisi karut marut di tengah even suskesi lima tahunan di Bumi Wali berangsurmereda. Ini setelah Praja Ronggolawe, pasukan khusus yang disiagakan Polres Tuban berhasil menjinakkan suasana. Para perusuh berikut pelaku teror bom dan aksi kerusuhan lainnyadapat dibekuk penggawa Praja Ronggolawe.

Secuil penggalan kerusuhan massa tersebut merupakan aksi pasukan Operasi Mantap PrajaRonggolawe 2015 saat melakukan simulasi di Alun-alun Tuban, Rabu (10/08/2015) pagi.

Kabag Ops Polres Tuban Kompol Hanis Subiyono, mengatakan simulai yang melibatkan 285personil dari unsur Polri, TNI dan Linmas ini sebagai gladi untuk menjamin dan mengamankan seluruh rangkaian proses pilkada. Yakni mulai dari tahapan awal hingga pengumuman perolehan suara serta penetapan calon terpilih oleh KPUD.

Dia menjelaskan, sebanyak 285 personil yang menjadi urat nadi Operasi Mantap PrajaRonggolawe 2015 terdiri dari fungsi Polres Tuban sebanyak 250 personil, Linmas 20 personil serta fungsi TNI berjumlah 15 personil dari jajaran Kodim 0811 Tuban.

Dalam rangkaian gladi tersebut juga diperagakan bagaimana cara menanggulangi amcaman teror bom serta amuk masa.

“Diharapkan anggota yang bertugas di lapangan untuk mengamankan pilkada dapat memahami dan melaksanakan pola pengamanan yang sudah diajarkan. Sehingga mereka faham betul langkah apa yang harus diambil dalam kondisi yang sebenarnya,” ungkap Hanis.

Sebelumnya Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan menjamin pelaksanaan pilkada di Bumi Wali berlangsung teduh. Komitmen ini menguat mengingat seluruh komponen yang menjadi mitra Polres Tuban dalam pengamanan pilkada makin solid.

“Polri bersama seluruh kekuatan di antaranya TNI dan mitra keamanan lainnya seperti Satpo PP dan Linmas siap melaksanakan operasi terpusat sampai pilkada selesai,” tegas Guruh memberikan pembekalan pra operasi dan sispam kota dalam rangka Operasi Mantap PrajaRonggolawe 2015 di Gedung Serba Guna Polres Tuban.

Namun begitu, dia menegaskan setelah pelaksanaan pengamanan pilkada usai bukan berarti berakhir juga peran Polri. Sebab tugas, peran dan fungsi Polri tidak pernah berhenti namun terus berkesinambungan.

Dia menjelaskan, Operasi Mantap Praja Ronggolawe 2015 merupakan bentuk kesiapan dan komitmen Polri untuk mengawal pelaksanaan Pilkada 2015 di Kabupaten Tuban. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author