Published On: Sel, Mei 12th, 2015

PPK Ditarget Senin Harus Lantik PPS

TUBAN

Ketua KPUD Tuban, Kasmuri

Ketua KPUD Tuban, Kasmuri

seputartuban.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mendapat tugas dari KPUD Tuban untuk membentuk PPS pada Senin (18/05/2015). Sedangkan pendaftaran ditutup hingga Rabu (13/05/2015).

Sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada, tanggal 18 Mei PPK dan PPS harus sudah terbentuk. Sedangkan di Kabupaten Tuban PPK baru dilantik kemarin sehingga PPK hanya mempunyai waktu 1 minggu untuk membentuk PPS.

Surat edaran KPU Tuban tertanggal 20 April 2015, nomor 50/KPU Kab-014329920/IV/2015 tentang Permohonan Fasilitasi Pembentukan PPS untuk pelaksanaan Pilbup 2015. Untuk memudahkan dan mempercepat kerja PPK, maka dalam rekrutmen PPS, peserta seleksi diusulkan oleh Kades dan BPD sebanyak 6 orang setiap desanya yang memenuhi persyaratan.

“Dari 6 orang calon PPS yang diusulkan oleh desa itu, KPU akan memilih 3 orang calon sebagai PPS yang benar-benar mampu,” ungkap Ketua KPUD Tuban, Kasmuri, Selasa (12/05/2015).

Setelah proses pembentukan PPS, maka PPK melalui PPS akan melakukan tahapan kegiatan pemutahiran data pemilih. Dengan melakukan pendataan berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dan sumber dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres lalu.

“Setelah PPK dan PPS terbentuk akan segera melakukan pemutakhiran data pemilih, rencananya dilaksanakan Juni,” sambungnya

Rekrutmen PPS kali ini berbeda dengan sebelumnya. Pada Pemilihan Anggota Legislatif lalu, PPS diseleksi tahapan tes tulis hingga wawancara. Namun kali ini hanya melalui rekomendasi pemerintahan desa lalu dipilih oleh KPUD Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author