Published On: Rab, Mar 28th, 2018

Potret Minat Baca di Perpusda Tuban Awal 2018

seputartuban.com, TUBAN – Kualitas sumber daya manusia disebuah kawasan dapat diukur salah satunya melalui minat baca masyarakat. Karena dengan membaca dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan SDM. Atau kata lainnya Buku adalah Jendela Dunia.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Tuban terus meningkat meniat baca masyarakat dalam berbagai program layanannya. Salah satunya bekerjasama dengan perpustakaan di sekolah untuk meminjamkan buku.

Kasi Pelayanan Perpustakaan, Jumiati

Kasi Pelayanan Perpustakaan, Jumiati mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Sekolah. Dengan menyediakan buku-buku tiap tahun untuk dipinjamkan. “Kita melakukan jemput bola dengan mengadakan perpustakaan keliling,” katanya, Senin (26/3/2018).

Ditambahkan, sebagian besar pengunjung perpustakaan adalah kalangan keluarga, anak sekolah dan guru. Mereka mencari referensi baru serta bagi siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan gurunya.

Banyak kunjungan anak- anak sekolah dari tingkat TK dan SD dari dalam kota, namun juga sering dikunjungi dari siswa- siswi luar kota. “Kami sudah berupaya bekerja sama dengan guru-guru untuk membantu menyosialisasikan kepada siswa- siswinya untuk meningkatkan minat baca,” jelasnya.

GIAT MEMBACA : Salah satu pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Tuban yang masih usia belia sedang membaca buku kisah para nabi

Menurut salah satu pengunjung perpustakaan, Siti Zakia (9), siswi kelas 4 SD yang tinggal di Jalan Sunan Kalijaga itu mengaku setiap minggu sekali berkunjung ke perpustakaan daerah. Biasanya usai pulang sekolah, salah satunya yang dia suka adalah kisah para nabi. “Senang bisa membaca, karena dengan membaca bisa menambah pengetahuan saya,” ungkapnya.

Data pengunjung perpustakaan daerah selama Januari 2018 sebanyak 17.924 orang. Dengan jumlah peminjam 5,397 orang. Sedangkan jumlah buku yang dibaca 4.494 buku dan jumlah buku yang dipinjam sebanyak 12.291 buku. Serta penambahan anggota sebanyak 98 orang.

Sedangkan bulan Pebruari menurun dengan jumlah pengunjung sebanyak 13.583 orang. Jumlah peminjam 6.352 orang, buku yang dibaca 10,597 buku, buku yang dipinjam 5,711 buku. Sedangkan penambahan jumlah anggota meningkat dari bulan sebelumnya yakni sebanyak 200 orang.

Data bulan Maret hingga minggu terakhir, jumlah pengunjung naik dibanding Pebruari, yakni sebanyak 15.204 orang. Jumlah peminjam 3.523 orang , Buku pinjam 5.043 buku, dengan penambahan anggota 101 orang. Paling banyak buku yang dibaca maupun yang dipinjam adalah Sastra dan novel. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author