Published On: Sel, Mar 14th, 2017

Potensi Wisata Baru, River Tubing “Membelah” Tebing

seputartuban.com, MONTONG – Potensi wisata alam di Kabupaten Tuban nampaknya sangat potensial untuk dikembangkan. Bagi wisatawan yang hobi susur sungai atau river tubing, tidak perlu jauh pergi ke luar kota. Cukup datang ke Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, dijamin akan menyenangkan.

POTENSI BAGUS : Keindahan alam disekitar sungai akan mampu memanjakan wisatawan. Salah satu yang dapat dilakukan wisatawan adalah lompat ke air

Sungai kawasan Kedung Banteng desa setempat sedang dilakukan uji coba pematangan untuk dijadikan wisata susur sungai atau bahasa setempatnya rambangan oleh Pendekar Siaga, gabungan sejumlah organisasi/perguruan silat. Aliran sungai sepanjang 3 KM menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. “Selain aliran sungai tidak ekstrim, suasana pemandangan sekitar sungai tidak akan ditemukan ditempat lain,” ungkap Koordinator Pendekar Siaga, Hery Prasetyo, Selasa (14/3/2017).
Kondisi sungai mengalir ditengah tebing yang menjulang tinggi akan menjadi panorama yang menawan. “Tebingnya setinggi 40 meter lebih, dan banyak lokasi foto menarik bisa dipakai. Termasuk dari tempat ketinggian dan kita pastikan keamanannya,” imbuhnya.

RIVER TUBING : Untuk susur sungai tidak perlu pergi ke luar kota. Di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong ini memiliki potensi luar biasa. Selain kondisi tebing dan alam yang menawan, arus sungai tidak terlalu deras. Sehingga sangat aman untuk dimanfaatkan menjadi lokasi wisata baru.

Uji coba yang dilakukan adalah untuk menentukan lokasi pemberhentian, jalur aman, hingga lokasi-lokasi yang akan dijadikan foto. Termasuk juga penghitungan sisi bisnisnya hingga kerjasama dengan perusahaan asuransi. “Wisatawan kita pastikan kegembiraanya, kenyamananya hingga keamananya,” kata Hery.
Lokasi rambangan yang ditentukan dapat dilakukan oleh para wisatawan yang belum pernah melakukan susur sungai. Karena arusnya tidak terlalu deras dan pengamananya dimaksimalkan. “Pemandu juga ada mengikuti wisatawan saat susur sungai. Termasuk juga keamanan diluar sungai. Semua pemberdayaan pemuda dan masyarakat,” tuturnya.

Meski belum dibuka, nampaknya respon masyarakat melalui media sosial sangat bagus. “Ini sudah banyak yang order ikut uji coba. Untuk menyiapkan seluruhnya siap dikunjungi wisata umum harus dimaksimalkan semuanya. Ya sekitar 1 bulan kedepan sudah siap,” tegasnya.

Jalur rambangan yang sudah disiapkan terbagi menjadi 2 jalur. Pertama sungai kawasan Kedung banteng dan lokasi akhir di sungai kerawak. “Jalur 1 itu selesainya di kerawak sambil mandi langsung di sumber air yang besar. Sedangkan jalur kedua saat musim kemarau juga kita siapkan,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author