Published On: Rab, Mei 27th, 2015

Posdaya Solusi Entaskan Kemiskinan Masyarakat Tuban

TUBAN

POSDAYA : Wakil Bupati Tuban, Direktur PT Holcim Indonesia pabrik Tuban dan Ketua Yayasan Damandiri usai melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama

POSDAYA : Wakil Bupati Tuban, Direktur PT Holcim Indonesia pabrik Tuban dan Ketua Yayasan Damandiri usai melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama

seputartuban.com – PT Holcim Indonesia, Pemkab Tuban dan Yayasan Damandiri (pemilik dan penggagas program), Selasa (26/05/2015) di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban. Untuk melaksanakan komitmen bersama menjalankan program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya).

Posdaya atau Pos Pemberdayaan Keluarga sendiri merupakan suatu forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi. Wahana pemberdayaan fungsi keluarga secara terpadu, utamanya fungsi kesehatan, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan. Penguatan fungsi-fungsi utama tersebut diharapkan memungkinkan setiap keluarga makin mampu membangun dirinya menjadi keluarga sejahtera, keluarga yang mandiri dan keluarga yang sanggup menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik.

Pembentukan Posdaya bertujuan mengembangkan potensi yang ada di tengah masyarakat, termasuk pula menekankan pentingnya berorganisasi. Tujuannya agar organisasi yang dibentuk masyarakat mampu menjadi organisasi sosial yang memiliki peran penting ditengah masyarakat, agar masyarakat menjadi mandiri dalam menyelesaikan permasalahan terutama dalam pengentasan kemiskinan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan din 6 desa ring 1 PT Holcim Indonesia. Yakni Desa Sawir, Desa Merkawang, Desa Glondong Gede, Desa Mliwang, Desa Kedungrejo dan Desa Socorejo.

“Di Daerah lain, kegiatan semacam ini sudah sangat berhasil. Jadi kami berharap kedepan kegiatan Posdaya yang diprakarsai oleh Holcim ini berhasil. Sehingga di Kabupaten Tuban tidak terdapat lagi masyarakat miskin dan tertinggal,” harap Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dalam sambutanya.

General Manager PT Holcim Indonesia Pabrik Tuban, Sidik Darusulistyo mengatakan Posdaya adalah sebuah gerakan yang mengusung kemandirian, dan pemanfaatan sumberdaya, serta potensi lokal sebagai sumber segala solusi.

Posdaya dikembangkan sebagai salah satu sarana meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang hanya bisa diharapkan melalui penguatan fungsi keluarga secara terpadu. “Hal ini sejalan dengan visi Holcim untuk menyediakan solusi berkelanjutan bagi masyarakat. Harapan kami Posdaya mampu berperan dalam membantu masyarakat lokal di wilayah ring 1 menciptakan keluarga yang sejahtera dan mandiri,” katanya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author