Published On: Kam, Agu 13th, 2015

Polri Undang Sarjana Menjadi Penyidik Khusus

TUBAN

AGUS PARJIYO: Program studinya harus terakreditasi BAN-PT dan wajib melampirkan tanda lulus yang dilegalisir dengan nilai rata-rata IPK minimal 2,50.

AGUS PARJIYO: Program studinya harus terakreditasi BAN-PT dan wajib melampirkan tanda lulus yang dilegalisir dengan nilai rata-rata IPK minimal 2,50.

seputartuban.com-Polri membuka opportunity atau kesempatan bagi putra putri Kabupaten Tuban yang memiliki gelar kesarjanaan strata satu (S1) dari berbagai program studi untuk dididik menjadi Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu.

Penyidik khusus ini disiapkan Polri sebagai Bhayangkara penjaga kehidupan, pembangun peradaban serta pejuang kemanusiaan.

Kabag Sumda Polres Tuban Kompol Agus Parjiyo, mengatakan pendaftaran dimulai 13 Agustus hingga 8 September 2015 melalui registrasi online www.penerimaan.polri.go.id.

Setelah mendapat nomor registrasi (ID reg), calon peserta membawa dokumen asli dan masing-masing di-fotocopy rangkap lima. Kemudian diserahkan ke tempat pendaftaran (panitia bantuan penerimaan) atau Polres Tuban.

Agus menjelaskan, untuk tahun 2015 ini Polri menyediakan 450 formasi penyidik khusus terdiri dari 400 pria dan 50 wanita. Mereka akan dididik secara khusus menjadi bintara penyidik pembantu yang telah mempunyai pengetahuan di bidangnya, untuk melakukan penyidikan yang telah memiliki kualifikasi sarjana.

Menurut dia, pendaftar yang berminat haruslah memenuhi beberapa persyaratan, baik umum maupun sejumlah persyaratan lain. Adapun persyaratan umum contohnya tidak pernah dipidana, setia kepada NKRI, hingga bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

“Yang jelas WNI, dan dibuktikan melalui SKCK dari polres setempat jika pendaftar tersebut benar-benar tidak pernah melakukan suatu perbuatan pidana,” kata Agus, Kamis (13/08/2015) siang.

Sementara sejumlah persyaratan lain yang harus diperhatikan adalah belum pernah menjadi anggota Polri dan berijazah S-1.

”Program studinya harus terakreditasi BAN-PT dan wajib melampirkan tanda lulus yang dilegalisir dengan nilai rata-rata IPK minimal 2,50,” tegas dia.

Sedangkan tinggi badan, sambung Agus, bagi pria minimal 160 cm serta bagi calon pendaftar wanita setidaknya bertinggi badan 155 cm. Bagi yang memiliki prestasi baik di tingkat provinsi, nasional hingga internasional bisa melampirkan datanya agar dapat dijadikan pertimbangan dalam penentuan kelulusan.

Ditegaskan Agus sekali lagi, kepada yang berminat dapat langsung mendaftar melalui online via website www.penerimaan.polri.go.id. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author