Published On: Sen, Mar 7th, 2016

Polri dan TNI Pasang Badan Wujudkan Swasembada Pangan

TUBAN

Ilustrasi kedaulatan pangan/rri

Ilustrasi kedaulatan pangan/rri

seputartuban.com – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam kunjungan di Tuban, Sabtu (5/3/2016) memerintahkan TNI dan Polri serius turut aktif mewujudkan swasembada pangan dan sarana pendukungnya.

Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan, Senin (7/3/2016) menegaskan akan mempidanakan oknum nakal yang menyalahgunakan wewenang. Sehingga berdampak pertanian menjadi amburadul dan merugikan petani.

“Yang jelas kita kawal seluruh pendistribusiannya dari wilayah hulu sampai dengan hilir, jika diketemukan tindak pidana pada pendistribusianya atau berbagai macam pelanggaran administrasi maka akan kita kenakan dengan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Salah satunya adalah memaksimalkan kinerja 3 pilar. Yakni Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa ditiap desa. Untuk melakukan pemantauan pendistribusian pupuk maupun bantuan alat-alat pertanian. Baik yang diperbantukan menggunakan dana dari APBD maupun APBN.

Ia menambahkan, jika diketemukan penyalah gunaan wewenang dengan menguntungkan diri sendiri atau menyalah gunakan kewenangan kesempatan dan sarana yang ada hingga dianggap merugikan negara. Jelas akan ditindak tegas dengan menggunakan pasal terkait.

“Ya akan dikenakan sesuai dengan pasal sebagaimana yang dimaksud di Pasal 3 undang-undang Nomor 31Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi,  ancaman pidananya paling lama 20 Tahun,” jelasnya.

Senada disampaikan Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo mengatakan jajaranya telah diperintahkan untuk memantau segala bentuk sarana penunjang pertanian.  “Itu perintah yang harus kami laksanakan karena menyangkut ketahanan pangan. Kami sudah menyiapkan petugas melekat erat ke masyarakat. Itu ditujukan untuk memantau bilamana ada penyimpangan pupuk serta untuk mengetahui berbagai masukan positif dari masyarakat langsung,” ungkapnya.

Pendampingan terprogram secara melekat tersebut dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak. Selain masyarakat, beberapa rangkaian lain adalah berkordinasi aktif dengan petugas pertanian dimasing-masing Kecamatan, dan pihak dinas terkait. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author