Published On: Jum, Nov 9th, 2018

Polres Tuban Ungkap Pelaku Hingga Serahkan BB Gratis

seputartuban.com, TUBAN – Jajaran Sat Reskrim Polres Tuban menunjukkan performa positif kinerjanya. Setelah banyak penjahat sebelumnya yang telah ditumbangkan, kini giliran pelaku lainnya yang diringkus dari berbagai kasus.

KERJA PRIMA : Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono beserta staf saat jumpa pers menunjukkan para tersangka dan barang bukti di Mapolres Tuban

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, Selasa (30/10/2018) saat melakukan jumpa pers mengapresiasi keseriusan kinerja jajaranya. Karena kerja keras dan kerja cerdas, pelaku kejahatan dapat ditumbangkan. “Saya sangat mengapresiasi atas kerja keras Sat Reskrim beserta jajaran. Karena sudah berhasil mengungkap kasus yang berada di Tuban Bumi Wali,” ungkapnya dihadapan wartawan.
Adapun terduga pelaku kejahatan yang dapat diamankan yakni kasus pencurian dengan kekerasan (Curas), Soqibul Na’im (19) warga kenduruan, AN (15) warga kenduruan. Dengan Barang Bukti (BB) yang diamankan 1 unit motor Vario, 1 dompet warna hijau ,1 dompet warna biru laut yang berisi uang tunai Rp. 460.000 dan 1 unit telepon selular (Ponsel). Dengan Tempat kejadian Perkara ( TKP) Jalan raya Pantura, Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.
Selain itu, pelaku lainnya yang beraksi di dekat kawasan Kerawak, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong saat beraksi petang hari juga berhasil diamankan. Yakni Riyono ( 26) dan Sutrisno (25), keduanya Warga Sidonganti, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Dengan BB 3 buah Ponsel.
Kemudian, terduga pelaku lainnya adalah Rusminto (46), dan Sunarko ( 27), keduanya warga Kecamatan Semanding. Dengan BB 1 unit sepeda motor Beat warna merah, 1 unit Ponsel dan 1 unit sepeda motor Vario. Dengan TKP jalan raya Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Mereka dijerat dengan pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana hukuman 9 tahun penjara.
Kapolres Tuban menghimbau khususnya perempuan agar tidak berkendara sendirian di jam-jam rawan kejahatan. “Sebaiknya dalam berkendara untuk yang perempuan baiknya minta di antarkan agar lebih aman,” katanya.
Sedangkan untuk kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) tersangka yang diamankan adalah M Burharunidin Ashari ( 19). BB 1 Buah Ponsel dan 1 unit sepeda motor. Dengan TKP dalam warung kopi, Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.
Juga diamankan, Suhar (51), Warga Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur dengan BB uang tunai Rp. 29.900.000, TKP dalam rumah korban, di Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Untuk tersangka ini dijerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman pidana 7 tahun penjara.
Selain curat dan curas juga berhasil mengamankan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan pembunuhan. Kasus Curanmor mengamankan tersangka Sukandar (37). dengan BB 1 unit sepeda motor. Dengan TKP Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak. Dia dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara 7 tahun
Kasus pembunuhan dengan tersangka, Wajib (72), BB yang diamankan 1 buah sabit. Tempat pembunuhan di Desa Gedangan, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Tersangka dijerat pasal 338 dengan ancaman kurungan penjara 15 tahun sampai dengan 20 Tahun.
Selain itu, Kapolres Tuban kelahiran Kabupaten Bojonegoro itu juga menyerahkan secara simbolis barang bukti kepada pemiliknya. Yang berhasil disita dari para tersangka. “Penangkapan yang dapat terungkap tidak lama, dan kini kami serahkan kepada pemiliknya. tanpa pungutan biaya sepeserpun,” tegasnya.
BB yang diserahkan berupa sepeda motor dengan TKP Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding. Serta 1 unit Mobil Truk dengan TKP Desa Guwoterus, Kecamatan Montong. “Kami sangat senang sekali dan sangat berterima kasih kepada Bapak kapolres. Karena dari hasil kerja kerasnya bisa menangkap pelaku pencurian,” ungkap Kistarum, korban pencurian Mobil Truk. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>