Published On: Jum, Okt 27th, 2017

Polres Tuban Siapkan Personilnya Patroli Dunia Maya

seputartuban.com, TUBAN – Tanggap terhadap perkembangan dunia maya, Kapolres  Tuban menyiapkan anggotanya untuk aktif memantau warga Internet (warganet). Selain memantau pelanggaran penggunaan media komunikasi juga untuk menyeimbangkan informasi yang beredar di internet. 

Polisi Cyber : Kapolres Tuban, AKBP Sutrisno HR saat komunikasi dengan pemateri


Sebanyak 48 anggota Polres Tuban, mengikuti pelatihan di Aula Serbaguna Mapolres Tuban. Untuk meningkatkan kinerja bidang kehumasan. 

“Implementasinya dalam rangka meningkatkan profesionalitas pegawai. Ini sangat penting mengingat kemajuan teknologi begitu cepat. Jika tidak diimbangi dengan sumberdaya manusia terbarukan maka yang akan terjadi adalah tertinggalnya informasi,” tutur Kasubbag Humas, Iptu Agus Edi Pranoto melalui ponsel.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Selasa (24/10/2017) pagi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja anggota, khususnya Team Cyber yang ditugaskan memantau dunia maya.  Serta jajaran humas Polsek jajaran yang bertugas pada bidang IT hingga manajemen media.

Mereka diharapkan menguasai tentang manajemen media dan jurnalistik. Sehingga mampu menanggapi opini publik yang berkembang pada media sosial. Karena semakin berkembangnya penggunaan Medsos sangat pesat, sehingga potensi pelanggaran penggunaan sarana komunikasi tersebut semakin tinggi, misalnya penyebaran ujaran kebencian. 

“Dibutuhkan kerjasama yang baik diseluruh jajaran humas, sehingga profesionalisme di bidang kehumasan ini dapat merata dari tingkat Polres Hingga tingkat polsek Jajaran.” pungkasnya.

Dilaksanakanya kegiatan tersebut menindak lanjuti undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, pasal 28 ayat 2 JO Pasal 45.

Pasal tersebut menerangkan bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi, yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan, individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Diketahui, kegiatan tersebut dimentori oleh Ketut Abid Halimi, (Direktur Thanks Institut Indonesia) Pusat Training dan Motivasi beserta tim. Serta dihadiri oleh Kapolres Tuban AKBP Sutrisno, Waka Polres Tuban Kompol Kuswara, Kasat Lantas Polres Tuban AKP Eko Iskandar. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author