Published On: Rab, Jun 11th, 2014

Polres Tuban Komitmen Kawal Lingkungan

JENU

MEMBERI CONTOH: Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi dengan antusias menanam pohon di Kawasan Mangrove Centre, Rabu (11/06/2014).

MEMBERI CONTOH: Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi dengan antusias menanam pohon di Kawasan Mangrove Centre, Rabu (11/06/2014).

Seputartuban.com-Tugas yang diemban polisi selain sebagai penegak hukum adalah melayani dan memberi rasa aman kepada masyrakat adalah harga mati.  Tapi di sisi lain, polisi yang juga berkomitmen sebagai penjaga keseimbangan lingkungan dibuktikan dengan tindakan  nyata.

BUKAN ANGKA IKUT: Para anggota Bhayangkari juga tak mau ketinggalan dalam aksi menanam 1.000 pohon.

BUKAN ANGKA IKUT: Para anggota Bhayangkari juga tak mau ketinggalan dalam aksi menanam 1.000 pohon.

Bukti bahwa komitmen itu bukan sekedar basa basi dilakukan Polres Tuban bersama warga dan Pramuka dengan gerakan menanam 1.000 pohon yang dipusatkan pada kawasan Mangrove Centre di Kecamatan Jenu, Rabu (11/06/2014).

Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi, mengatakan aksi sosial ini sebagai upaya meningkatkan kepedulian dalam mengelola lingkungan. Diharapkan, pohon yang ditanam bisa menyelamatkan generasi penerus dari rusaknya ekosistem.

“Munculnya potensi bencana banjir,longsor akibat carut marutnya hutan yang dianggap sebagai ancaman tak kasat mata, pencegahannya hanya bisa dilakukan dengan upaya menanam pohon,” papar Ucu dalam acara yang juga dihadiri unsur Muspida Tuban sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke-68 tersebut.

Dia menjelaskan, pemanasan global yang sering digembar gemborkan mengancam akan menenggelamkab Bumi Pertiwi, membuat polisi sebagai bagian masyarakat terlibat langsung dalam penyelamatan bumi.

Dalam kesempatan tersebut Ucu menyerukan kepada setiap anggota yang berdinas di jajaran Polres Tuban untuk menanam lima  pohon. Kalkulasinya, apabila ada 600 anggota maka sudah 3.000 pohon bisa ditanam.

“Kegiatan sosial banyak bentuknya. Salah satunya kita gerakkan tanam pohon. Pencanangan 1.000 pohon. Namun kita galakkan setiap anggota lima pohon,” tegas Ucu.

Dalam aksi sosial ini, sambung dia, pihaknya menggandeng Pramuka dan warga untuk menanam pohon. Sedikitnya ada 100 anggota Pramuka ikut ambil bagian dalam acara ini. Terlihat, para anggota Pramuka dengan semangat menggali tanah sebagai lokasi tanaman.

Salah satu anggota Pramuka, Siswandi, menyatakan sangat bangga dengan kegiatan yang dipelopori polisi tersebut. Sebab, seorang polisi yang terlihat garang ketika menilang pengendara kendaraan yang melanggar, ternyata berjiwa sosial tinggi.  HANAFI

Facebook Comments

About the Author