Published On: Sen, Sep 28th, 2015

Polres Tuban Hidupkan Car Free Day Mati Suri

TUBAN

SIAGA MINGGUAN : Polwan Polres Tuban saat berbaris menggunakan sepatu roda di acara Car Free Day jalan Sunan Kalijaga Tuban, Minggu (27/9/2015)

SIAGA MINGGUAN : Polwan Polres Tuban saat berbaris menggunakan sepatu roda di acara Car Free Day jalan Sunan Kalijaga Tuban, Minggu (27/9/2015)

seputartuban.com – Meski sudah ditetapkan melalui program pemerintah Kabupaten Tuban sejak setahun lalu, pelaksanaan hari bebas kendaraan atau Car free Day di kawasan Jalan Sunan Kalijaga Tuban tiap hari minggu seolah mati suri. Program pedagang dadakan yang dijalankan juga sepi pengunjung, hingga pedagang enggan berjualan.

Minggu (27/9/2015) Polres Tuban melauching Polwan Sepatu Roda yang akan mengamankan setiap hari minggu di kawasan jalan tersebut. Sehingga masyarakat merasa aman saat beraktivitas di jalan poros kota Kabupaten Tuban itu.

Serangkaian kegiatan untuk memeriahkan acara itu, diantaranya panggung hiburan, senam bersama. Serta penampilan baris berbaris Polisi Kecil dan tidak ketinggalan ketangkasan 11 Polwan saat memperagakan pengamanan menggunakan sepatu roda.

Kapolres Tuban, AKBP Guruh Arif Darmawan mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pendidikan lalu lintas kepada masyarakat. Selain itu diharapkan membawa dampak ekonomi.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan program pelopor keselamatan berlalu lintas Polres Tuban. Kita ingin menghidupkan Car Free Day agar selalu ramai,” ungkapnya.

Bupati Tuban, Fathul Huda, mengaku sangat mendukung program Polres Tuban untuk menghidupkan lagi hari bebas kendaraan. “Kami harap setelah acara ini diresmikan, kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan berkesinambungan dan berjenjang disetiap minggunya,” katanya.

Selain itu diharapkan mampu mendorong perkonomian masyarakat dengan aktivitas ekonomi para pedagang yang berjualan di kawsan car free day.

Bupati menegaskan pihaknya akan mengalokasikan sejumlah anggaran dari APBD Tuban untuk mendukung program hari bebas kendaraan ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena manfaatnya banyak sekali, dan kami mendukung sepenuhnya kegiatan secara moral dan finansial” tegas Bupati.

Diketahui, program hari bebas kendaraan itu sudah diresmikan Pemkab Tuban sejak Minggu (16/3/2014). Kawasan Jalan Sunan Kalijaga tiap minggu disulap jadi pasar dadakan. Namun program ini seakan mati suri, perlahan namun pasti para pengunjung dan penjual terus berkurang.

Untuk mendukung program Car Free Day telah dikeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) No. 18 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, tertanggal 23 Juni 2014.

Dalam peraturan tersebut ditetapkan 4 lokasi jalan berbeda di Tuban Kota menjadi kawasan bebas kendaraan bermotor tiap hari Minggu mulai jam 05.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Yakni Jalan Sunan Kalijaga, Jalan Veteran, Jalan RM Suryo dan Jalan RA Kartini. Namun pelaksanaanya selama ini terkesan belum maksimal karena kurang inovasi.

Terdapat 9 SKPD atau Instansi yang disebut dalam Perbup tersebut termasuk Polres Tuban memiliki wewenang dan tugas yang beberda. Mulai sosialisasi, penindakan hingga pelaksanaan program. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. wonk soko berkata:

    Masalah Car free day tergantung kesadaran masyarakat Tuban dalam berolahraga,meski upaya apapun pemkab takan berhasil tanpa ada kesadaran masyarakat Tuban sendiri,contohnya di bojonegoro car free day yg di adakan minggu pagi di alun2 selalu ramai mulai dari anak2 sdampai orang dewasa,tempat berkumpulnya seluruh anak2 muda yg punya hobby sama seperti sepatu roda,sepeda,atau yg lain dan tak satupun polisi mengamankan smua berjalan tanpa gangguan apa2,biasanya di tutup dengan senam bersama di pimpin 4 instruktur,tanpa canggung ratusan orang ikut senam pagi mulai dri ibu2 anak2 bahkan bpak2,klo tdak percya cba wartawan seputar Tuban sesekali minggu pagi dtang ke alun2 bjn