Published On: Sen, Jul 21st, 2014

Polres Tuban Fokus Black Spot Pantura

JENU

BLACK SPOT : Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi saat di Pos Jati Peteng, Kecamatan Jenu, Senin (21/7/2014) siang

BLACK SPOT : Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriyadi saat di Pos Jati Peteng, Kecamatan Jenu, Senin (21/7/2014) siang

seputartuban.com-Kawasan black spot atau titik rawan bencana di sepanjang jalur pantai utara (pantura) menjadi fokus pantauan yang dilakukan Polres Tuban jelang Idul Fitri tahun 2014.

Namun begitu, sejumlah kawasan lainnya tetap menjadi titik pantau yang tak kalah serius. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya gejolak di tengah masyarakat, yang datangnya cenderung tak tersangka-sangka.

Guna memastikan kesiapan personel dan infra struktur di lapangan, Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi, Senin (21/07/2014) turun lapangan jelang dilaksanakannya operasi Ketupat Semeru 2014. Dalam kesempatan ini, Ucu mendatangi pos lebaran yang berada di Jati peteng, Desa Sumurgung, Kecamatan Jenu, Tuban.

Pos yang sengaja ditempatkan di lokasi hutan itu sebagai bentuk kesigapan petugas. dalam mengantisipasi bajing loncat yang diduga sering terjadi di lokasi tersebut. Tujuan lain, juga memastikan kesiapan petugas Brimob yang ditugaskan untuk membantu pemudik yang berhenti di pos. Baik istirahat, kerusakan mesin atau laporan kejadian.

Pos jaga ini juga difungsikan sebagai titik pengawasan jalan. Masih banyaknya jalan bergelombang dikhawatirkan rawan kecelakaan. Seperti di sekitar pasar kecamatan jenu, dan sekitarnya. Pantauan petugas lalu lintas juga untuk mempercepat pelayanan dan kejadian kecelakaan lalu lintas.

Selain memeriksa di pos jati peteng, Kapolres Tuban juga memeriksa pos perbatasan. Pos ini berfungsi untuk pantauan kejahatan di sekitar lokasi perbatasan. Bentuk penghadangan apabila terjadi tindak krimina akan lebih mudah melakukan penangkapan.

Dalam pos ini, polisi juga memasang peta lokasi tingkat kerawanan. Yakni rawan curanmor, rawan laka lantas, rawan macet dan antisipasi kejahatan lainnya. Dalam operasi ini, sedikitnyaa 200 anggota diterjunkan.

“Ada pos di pertigaan Pakah (jalur alternatif Tuban-Bojonegoro) yang juga titik penting. Pos di Widang merupakan antisipasi laka lantas. Untuk pasar tumpah kita tempatkan petugas. Khusus Jati Peteng ini akan dijaga Brimob 24 jam,” kata Ucu.  HANAFI

Facebook Comments

About the Author