Published On: Rab, Jun 19th, 2019

Polres Tuban Akan Tindak Tegas Pelanggaran Pilkades

seputartuban.com, TUBAN – Sejumlah hal sedang disiapkan Polres Tuban dan jajaran menyikapi akan berlangsungnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban, 10 Juli 2019. Mulai pemetaan kerawanan wilayah hingga kesiapan proses hukum jika terjadi pelanggaran.

Wakapolres Tuban, Kompol Teguh Priowasono

Wakapolres Tuban, Kompol Teguh Priowasono, usai Deklarasi Pilkades Damai 2019 di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban, Selasa (18/06/2019) mengatakan pihaknya tengah melakukan upaya pencegahan. Namun jika tetap saja terjadi pelanggaran, pihaknya siap menindaknya.

“Penindakan hukum akan dilakukan secara tegas, bilamana ada daerah-daerah yang berpotensi melakukan pelanggaran,” ungkapnya.

Adapun potensi-potensi kerawanan diantaranya adalah, adanya potensi perjudian dalam Pilkades serentak. Potensi untuk mempengaruhi pemilih dengan memberikan sejumlah uang atau barang (politik uang). Serta memaksakan kehendak untuk memilih salah satu calon tertentu. Selain itu juga adanya potensi untuk menggerakkan atau menghasut warga melakukan perbuatan melawan hukum dan melanggar hukum, dengan menyebarkan berita bohong atau dalam rangka mengadu domba.

“Kita berharap dan meminta agar potensi – potensi tersebut tidak terjadi, karena hal tersebut akan mengganggu situasi Kamtibmas. Tentunya akan ada konsekuensi hukum terhadap pelakunya,” tegasnya.

Dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung , diharapkan masing-masing calon agar siap untuk kalah dan mau menerima kekalahan. Hal itu sangat perlu dilakukan untuk peningkatan pembangunan dan kesejahteraan di masyarakat. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos