Published On: Jum, Jun 5th, 2015

Polisi Temukan 2.000 Karnopen Tak Bertuan

TUBAN

GURITA KARNOPEN : Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati saat press release di Mapolres Tuban dengan menunjukkan para tersangka pengedar karnopen

GURITA KARNOPEN : Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati saat press release di Mapolres Tuban dengan menunjukkan para tersangka pengedar karnopen

seputartuban.com – Petugas Satresnarkoba Polres Tuban menemukan 2.000 pil karnopen tanpa pemilik, Senin (01/06/2015) di kawasan jalan desa Dusun Bongkol, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Pil memabukkan ini ditemukan tergeletak dibungkus plastik warna hitam dipinggir jalan. Lokasi penemuan tidak jauh dari lokasi penangkapan pengedar berinisial “D” (49), warga Dusun Tarakan, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Tukang kayu ini ditangkap petugas kedapatan membawa 96 butir karnopen. Dan uang tunai Rp. 503 ribu. Polisi tidak dapat memastikan siapa pemilik ribuan karnopen tersebut. Karena tersangka “D” juga tidak mengakui pil tersebut miliknya.

“yang jelas kami tidak berani menyangkakan kepada pelaku tentang kepemilikan dari pil karnopen tersebut kerena tersangka kami tangkap agak jauh dari temuan, dan tersangka pun tak mengakui bahwa karnopen tersebut miliknya” terangnya.

Menurut kerangan yang di sampaikan sebelum melakukan pers rilis penangkapan pengedar karnopen, pihaknya mengatakan kesulitan terkait temuan 2000 pil karnopen yang di bungkus dalam tempat berbeda untuk di sangkakan kepada pelaku karena selain pelaku tidak mengakui barang bukti temuan tersebut juga terletak agak jauh dari lokasi penangkapan.

“Kita bisa saja menyangkakan pemilik karnopen itu si pelaku. Jika penangkapan yang kami lakukan di rumah pelaku dan barang bukti berada di dalam rumah pelaku, meski di ruangan berbeda. Masalahnya kami menangkap pelaku di jalan sedangkan letak temuan kami berjarak agak jauh dari penangkapan,” tegas Kasat Resnarkoba Polres Tuban, AKP Budi Friyanto.

Polisi juga berhasil mengamankan pengedar karnopen lainya. “J” ditangkap pada (12/05/2015), “AZ” pada (13/05/2015), “HS” pada (25/05/2015) dan LY pada (30/05/2015).

Tersangka “J” (32), seorang sopir asal Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, dengan kepemilikan 14 butir karnopen. “AZ” (32), seorang kenek warga JL. KH Agus Salim Gang Songgonegoro, Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban dengan kepemilikan 100 butir karnopen. Sedangkan HS(55), sopir asal Dusun Banjarsari Desa Tegalbang, Kecamatan Palang dengan kepemilikan 90 butir karnopen.

Satu-satunya perempuan yang ditangkap adalah LY (55), sehari-hari bekerja sebagai penjual kue asal Jl. Dr. Sutomo, Kelurahan Ronggomulyo dengan kepemilikan 96 butir karnopen. Para tersangka membelio karnopen seharga Rp. 17 ribu tiap 10 butir dan dijual lagi seharga Rp. 20 ribu.

“Seluruh pelaku ini tergolong pemain baru, dan untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya mereka kami ancam dengan pasal 197 subsider pasal 196 undang-ungdang nomor 36 tahuin 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” ungkap Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author