Published On: Jum, Okt 17th, 2014

Polisi Akan Berikan Kelonggaran Lembaga Kursus Mengemudi Berijin

Share This
Tags

TUBAN

ilustrasi mengemudi

ilustrasi mengemudi

seputartuban.com – Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Ahmad Faqih, Kamis (16/10/2014) menegaskan pihaknya akan bersikap tegas dengan menindak pelanggar lalu lintas. Salah satunya akan menilang siswa lembaga kursus mengemudi yang praktek di jalan raya.

Faqih menjelaskan hingga saat ini baru ada 1 lembaga kursus mengemudi yang meminta rekomendasi dari satuan yang dipimpinya. Untuk sebagai bahan pengajuan ijin ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Namun belakangan diketahui, lembaga kursus tersebut sudah tidak beroperasi lagi karena merugi.

“Hanya ada satu lembaga kursus mengemudi yang memiliki izin. Itupun sekarang sudah tidak beroperasi lagi kelihatannya, karena merasa rugi. Kita akan menindak praktek mengemudi yang mereka lakukan dan menghimbau supaya mereka mengurus perizinannya,” kata Kasat Lantas.

Bagi lembaga kursus mengemudi yang sudah memiliki ijin lengkap, sertifikat kelulusan yang diterbitkan dapat dijadikan persyaratan pengajuan SIM bagi siswanya. Namun jika ilegal, sertifikat yang dikeluarkan tidak berlaku.

Kasat Lantas yang juga mantan Kanit Laka Polres Tuban ini memberikan kelonggaran jika lembaga kursus berijin akan diberikan kesempatan siswanya praktek di jalan raya yang arus lalu lintasnya relatif sepi.

“Mereka kita perbolehkan melakukan praktek mengemudi dijalan raya, namun di jalan yang tertentu, terutama yang tidak ramai. Sebab mereka juga membantu kita dalam memberikan pembelajaran terhdap para pengemudi. Namun bila mereka tidak memiliki izin operasional, maka kita tidak bisa memberikan SIM bagi peserta kursus, meskipun sudah dinyatakan lulus oleh lembaga itu,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Disdikpora Pemkab Tuban, Sutrisno menegaskan hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan satupun ijin lembaga kursus mengemudi. Karena selain sepinya pengajuan, juga syarat penyediaan lahan untuk praktek tidak dapat dipenuhi oleh pemohon.

Menurut UU No. 20 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional, lembaga kursus mengemudi ini masuk kategori lembaga non formal luar sekolah. Hal ini diatur dalam pasal 62 ayat (1) disebutkan bahwa setiap satuan pendidikan formal dan norformal yang didirikan wajib memperoleh izin Pemerintah atau pemerintah daerah.

Pasal yang sama ayat (2) Syarat-syarat untuk memperoleh izin meliputi isi pendidikan, jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana pendidikan, pembiayaan pendidikan, sistem evaluasi dan sertifikasi, serta manajemen dan proses pendidikan. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos