Published On: Sel, Apr 19th, 2016

Pol PP Sita Alat Berat Tambang Ilegal

TUBAN

DIAMANKAN : Inilah alat berat yang disita petugas gabungan dari kawasan tambang ilegal

DIAMANKAN : Inilah alat berat yang disita petugas gabungan dari kawasan tambang ilegal

seputartuban.com – Alat berat jenis backhoe dan truk, Senin (18/4/2016) diamankan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tuban karena beraktivitas di tambang ilegal.

Keduanya diamankan petugas dari wilayah Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Saat penertiban dilakukan 40 pesonil  bersama TNI, Polri, Badan Lingkungan Hidup (BLH) serta Dinas Pertambangan.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan dan Perundang-undangan Daerah Satpol  PP Pemkab Tuban, Wadiono mengatakan bahwa seluruh barangbukti hasil penindakan itu disita dan dibala ke halaman Pemkab Tuban.

“Kedua pemiliknya akan kita panggil. Jika sering aktifitas ilegal, maka akan kita limpahkan Ke Polres Tuban untuk diproses hukum,” terangnya usai kegiatan.

Aktifitas tambang C itu kemudian dihentikan petugas. Karena merusak ekosistem karena lokasi tambang ilegal itu kategori tidak layak tambang yang menyebabkan kerusakan alam.

Jika diproses hukum, mereka akan dijerat pasal 9 ayat 1 JO Pasal 12 ayat 1 perda 16 Tahun 2014 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sub tertib perizinan dan investasi didaerah. Acamanya hukuman penjara 3 bulan atau denda maksimal Rp. 50 juta.  “Mereka ilegal selain merusak alam juga hilangnya pendapatan asli daerah,” imbunya.

Diketahui, penertiban juga dilakukan beberapa tambang ilegal diwilayah Kecamatan Rengel. Di Dusun Rahayu Lereng Kuning ditemuakn 13 lokasi. Dusun Gembong sebanyak 7 lokasi. Dusun Jatencilik sebanyak 5 lokasi, Dusun Logawe sebanyak 1 Titik, serta eks Pentawira sebanyak 8 titik. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author