Published On: Rab, Sep 11th, 2019

PMII Jatim Mendorong Pemprov Evaluasi Dinas Pendidikan

Oleh : Habib Musthofah (Ketua II Bidamg Eksternal PMII Jatim)

Menanggapi program bagi-bagi seragam gratis untuk sekolah menengah atas (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) oleh pemerintah provinsi yang tidak terealisasi melalui dinas pendidikan provinsi jawa timur, PKC PMII Jatim menilai bahwa program yang gagal tersebut merupakan kegagalan dalam perencanaan sebelum dianggarkan.

Habib Musthofah

Kegagalan itu, Mestinya dinas terkait sudah mempunyai analisis dan perhitungan terhadap apakah program tersebut bisa terealisasikan atau tidak sebelum direncanakan penganggarannya, sehingga kalau persoalannya adalah persoalan tender, makan itu juga menjadi analisis tersendiri oleh dinas sehingga dalam perencanaan penganggarannya bisa tepat dan terealisasi.

Dari program itu yang senilai 130 milyar akan tidak terserap 100 persen, artinya program ini gagal, dan ini PKC PMII Jatim mendesak Pemprov untuk evaluasi Dinas pendidikan terkait dengan kegagalan program tersebut, sehingga dalam perencanaan thn selanjutnya tidak ada program yang tidak berjalan.

Selain itu, nilai 130 milyar itu nantinya juga akan masuk SiLPA. Kalau sudah masuk Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) belum tentu juga akan masuk di anggaran tahun depan yang dialokasikan sama dengan tahun sebelumnya. Sedang nilai itu mestinya bisa dialokasikan di program lain kalau memang program ini dimungkinkan untuk tidak bisa terealisasi.

Kegagalan program ini juga dinilai rawan untuk dilakukannya Praktek pungli di sekolah dengan dalih untuk uang sragam. Ini yang mestinya menjadi catatan dinas pendidikan belum maksimal dalam urusan pendidikan, karena pendidikan masuk pada urusan wajib pemerintah.

Hal ini mengakibatkan angka partisipasi kasar dalam target capaian kinerja RPJMD Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bidang pendidikan dimungkinkan tidak tercapai, oleh karena kegiatan pengadaan seragam gratis bagi siswa dan siswi SMA SMK merupakan rangkaian dari program PEMPROV JATIM dalam urusan pendidikan.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Berita Terkini

Videos