Published On: Jum, Feb 15th, 2013

PIPSG Gelar PMT, Posyandu Masih Butuh Perhatian

Share This
Tags

Penulis : Muhlisin

KEREK

PIPSG saat menggelar bhakti sosial peduli Balita

PIPSG saat menggelar bhakti sosial peduli Balita

seputartuban.com – Persatuan Istri Pegawai Semen Gresik (PIPSG) Blok Kerek, Kamis (14/2/2013) lakukan bakti sosial di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Dengan melakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita dan sosialisasi cara merawat balita yang baik.

PMT Balita ini dilakukan secara berkala serta. Selain itu  pengetahuan tentang cara merawat Balita secara sehat juga disampaikan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar Balita dapat bertumbung kembang dengan sehat. Karena selain asupan gizi yang cukup, pola perawatan Balita juga sangat mempengaruhi kesehatan Balita.

Yayuk (30), salah satu ibu Balita warga setempat mengaku dengan kegiatan ini dirinya menjadi tahu cara merawat Balitanya dengan baik. Sehingga hal ini sangat penting bagi masa depan anaknya. “Yang bisa menjawab dikasih hadiah lagi, ada tempat makanan untuk bayi, sabun, dan banyak yang lainnya,” tuturnya.

Ketua PIPSG Blok Kerek, Hilus Andri K.A mengatakan pihaknya menggelar kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar pabrik. Khsususnya kepedulian tumbuh kembang Balita disekitar pabrik tempat kerja para suami PIPSG.

 “Selain bakti sosial untuk balita kegiatan rutin yang sudah dilakukan adalah pembagian zakat bagi warga miskin tiap bulan puasa,” ungkap Andri, istri pegawai Semen Gresik Eko Cahyono ini.

Sementara itu, menurut Bidan Desa setempat, Endah Ratna Widiastuti, berharap kegiatan peduli Balita ini dapat dilakukan secara rutin dan tidak dalam jangka waktu lama. Sehingga masyarakat akan lebih terbantu lagi dari asupan gizi dan pengetahuan,“Agar masyarakat lebih giat atau meningkatkan kehadiran ibu-ibu balita ke Posyandu,” ungkapnya.

Diketahui, di Desa Gaji kehadiran ibu balita dalam kegiatan rutin Posyandu sangat minim. Selain itu biaya operasional Posyandu juga jauh dari kelayakan. Karena setiap tahunnya hanya diberi bantuan Rp. 2 juta untuk kegiatan selama satu tahun yang bersumber dari ADD (Alokasi Dana Desa). Di desa ini terdapat sekitar 570 Balita yang tersebar di 6 Posyandu.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author