Published On: Ming, Jul 31st, 2016

Pilkades Serentak 36 Desa Pada 8 Desember 2016

TUBAN

seputartuban.com – Sempat tertunda karena Pemilukada Tuban 2016, 36 desa yang tidak memiliki Kepala Desa (Kades) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 8 Desember 2016 mendatang.

pilkadesKepala Bapemas, Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi mengatakan bahwa setelah dilakukan sosialisasi terhadap 36 desa. Kemudian ditindaklanjuti dengan membentuk kepanitian dan segera melakukan tahapan sesuai dengan jadwal yang telah ada. “Pada 2 Agustus, 36 desa itu harus sudah membentuk panitia Pilkades,” kata Mahmudi, kemarin.

Sesuai dengan Perda nomor 07 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, panitia berasal dari unsur perangkat desa, lembaga desa dan tokoh masyarakat. Usai melakukan pembentukan panitia, harus segera melakukan tahapan-tahapan yang telah ada. Untuk desa yang tidak mengikuti Pilkades serentak tahun ini masa jabatan kepala desa akan berakhir hingga 2019.  “Bisa diajukan pelaksanaannya dan juga bisa diundur, kita belum bisa pastikan nanti akan kita lakukan kajian dulu,” sambung Mahmudi.

Belum dapat dipastikannya pelaksanaan Pilkades masal itu karena pada tahun 2019 juga bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif. Pada pemilu sebelumnya pelaksanaan Pilkades tidak boleh bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif maupun Pemilukada.

Ada 36 desa yang tersebar di 16 kecamatan melaksanakan Pilkades Serempak 8 Desember mendatang yakni di Kecamatan Rengel Pilkades dilaksanakan di Desa Rengel. Kecamatan Soko di Desa Bangunrejo, Desa Gunung Anyar, Desa Sandingrowo. Kecamatan Widang di Desa Simorejo, Desa Sumberjo, Desa Compreng. Kecamatan Plumpang di Desa Plumpang. Kecamatan Singgahan di Desa Tinggulrejo, Desa Lajolor dan Desa Tanggir.

Sedangkan Kecamatan Parengan di Desa Kemlaten, Desa Sukorejo, Desa Mergoasri. Kecamatan Senori di Desa Katerban, Desa Rayung. Kecamatan Jatirogo di Desa Paseyan, Desa Wotsogo dan Desa Wangi.

Kecamatan Bangilan di Desa Klekeh dan Desa Bangilan. Kecamatan Tambakboyo hanya di Desa Mander. Kecamatan Bancar  di Desa Ngampelrejo, Desa Sukoharjo serta Desa Boncong. Kecamatan Kerek hanya di Desa Jarorejo. Kecamatan Jenu juga hanya di Desa Socorejo.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Palang Pilkades dilaksanakan di Desa Palang, Desa Dawung, Desa Tegalbang, Desa Kradenan. Kecamatan Merakurak di Desa Kapu dan Desa Sumber. Sedangkan di Kecamatan Grabangan Pilkades dilakukan di Desa Ngawun, Desa Menyunyur serta Desa Banyubang. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author