Published On: Rab, Apr 22nd, 2015

Pilkada Tuban 2015 Berpotensi “Karut Marut”

TUBAN

pilkada 2015seputartuban.com–Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Tuban terus mematangkan persiapan pelaksanaan pilkada yang akan digelar Desember 2015 agar bisa berjalan mulus. Walau begitu, KPUD Tuban tak menafikan proses rekapitulasi suara berpotensi karut marut.

Salah satu penyebabnya adalah karena perangkat pilkada mulai PPK, PPS dan KPPS akan diisi wajah-wajah baru yang sama sekali belum punya pengalaman.

Sebab sesuai dengan pasal 18 poin k peraturan KPU nomor 3 tahun 2015 disebutkan PPK, PPS serta KPPS tak boleh dijabat oleh orang yang sudah dua kali menjabat.

Sementara di Kabupaten Tuban rata-rata pelaksana pemilu di PPK, PPS dan KPPS dari pemilu ke pemilu selalu dijabat orang yang sama. Aturan ini dikhawatirkan jadi kendala bagi KPUD karena hampir semua perangkat pilkada yang ada saat sekarang sudah menjabat lebih dari dua kali.

KASMURI: Ketua KPUD Kabupaten Tuban “Syarat jadi anggota PPK, PPS dan KPPS belum pernah menjabat dua kali. Sederhananya bagi mereka yang sudah aktif sejak pemilu 2009, Pilgub Jatim, Pilkada Tuban 2011 maupun pemilu 2014 lalu, maka pada pilkada 2015 tak boleh menjabat lagi,” ungkap Ketua KPUD Kabupaten Tuban Kasmuri kepada seputartuban.com, Rabu (22/04/2015) petang.

Namun demikian, dia optimis bisa mengatasi persoalan tersebut mengingat mayoritas sumber daya manusia (sdm) yang saat ini akan mengikuti proses rekrutmen PPK adalah sarjana segar dengan IPK memuaskan.

Pastinya aturan tak boleh dua kali menjabat PPK, PPS dan KPPS merupakan semangat reformasi serta bagian reformasi demokrasi yang harus dijalankan,” tegas Kasmuri.

Pada bagian lain dia menjelaskan, sejak rekrutmen PPK dibuka 19 April lalu sudah ada 100 orang pendaftar. Baik yang datang langsung ke kantor KPUD di Jalan Pramuka Tuban maupun lewat online. Setelah batas akhir pendaftaran 25 April kemudian dilakukan seleksi secara normatif.

Kasmuri menyebutkan di Kabupaten Tuban sendiri ada 20 kecamatan sehingga asumsinya akan membutuhkan 100 anggota PPK. Dia juga menjamin proses rekrutmen ini berlangsung transparan dan tidak ada titip-titipan.

Sekedar tahu, hingga sejauh ini sudah ada tiga peraturan KPU (PKPU) diterbitkan untuk mendukung Pilkada 2015. Seperti PKPU nomor 4 tahun 2015 tentang pemutakhiran data pemilih, PKPU nomor 3 tahun 2015 serta P KPU nomor 2 tahun 2015 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Gubernur, Bupati dan Walikota. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author